Cara Backup Aplikasi Pmp Versi 2.1 Terbaru 2017

Cara backup aplikasi PMP terbaru 2017 versi 2.1 - Sahabat operator sekolah yang lagi sibuk menjalankan tugas. Saya tidak tahu lagi harus menulis apa untuk menyapa kalian yang senasip dan seperjuangan dengan saya. Khususnya bagi para operator gres yang mulai dibingungkan dengan pengisian data PMP. Pengisian data PMP terbaru 2017 memang sangat mepelahkan. Entahlah, yang terperinci biar kita tetap semangat menjalankan kiprah yang sudah menjadi tanggung jawab kita.

Pada postingan sebelumnya saya telah menyebarkan beberapa pengalaman seputar aplikasi PMP tahun 2017 / 2018. Diantaranya yakni perihal cara update aplikasi PMP yang terbaru, jumlah responden yang harus mengisi kuesioner PMP, dan yang terakhir ialah postingan perihal betapa pentingnya kita harus melaksanakan backup data yang sudah kita kerjakan di aplikasi PMP. Jika teman membutuhkan klarifikasi perihal isi artikel tersebut maka Alhamdulillah goresan pena saya bermanfaat. hehehe

Seperti halnya pada postingan-postingan sebelumnya, isi dari artikel yang saya tulis akan selalu berisi curhatan dan pengalaman yang telah saya alami, goresan pena ini juga termasuk bentuk curahan pengalaman pribadi selama menjadi operator sekolah yang ingin saya bagikan ke teman operator di sana. Karena saya yakin dari sekian banyak OPS ada satu atau dua yang masih butuh klarifikasi perihal cara backup aplikasi PMP.

Cara Backup Aplikasi PMP Tahun 2017


Sahabat operator yang saya cintai. Seperti yang saya singgung di atas, saya ialah operator gres di sekolah kawasan saya bertugas. Kebayang kan bagaimana rasanya menjadi OPS gres yang tertinggal jauh pengalamannya dari OPS senior? Harus cepat bertindak bila tidak ingin ketinggalan informasi, salah satunya yakni bertanya atau pribadi browsing di internet ibarat yang teman lakukan ketika ini.

Ya, ibarat itulah saya. Lebih aktif di sosmed supaya tidak kalah pengalaman, mau tanya ke teman sesama operator mereka sudah sibuk dengan pekerjaannya masing-masing. Entah memang benar-benar sibuk, tidak mau menjawab, atau memang tidak dapat menjawab. hehe

Oke, kembali ke pokok bahasan yakni perihal cara backup isian data PMP. Bagi operator usang pembahasan ini mungkin dianggap basi, jadi silahkan pergi jangan di sini, hehe. Namun bagi operator gres tentu sangat membutuhkan klarifikasi lengkap supaya dapat backup data PMP dengan benar dan sempurna.

Mungkin sabahat pernah bertanya bagaimana sih cara backup data PMP? Ada di sajian apa tombol backup data PMP? Dan dalam bentuk format apa file hasil backup? Serta mengapa backup data PMP itu harus kita lakunkan? Dan alasannya sudah saya bahas pada postingan sebelumnya di sini.

Supaya tidak resah lagi dan tidak panjang lebar curhatnya, mari kita simak langkah-langkah backup data PMP di bawah ini:

Langkah backup data PMP versi 2.1

  1. Silahkan login aplikasi PMP dengan user dan password yang teman gunakan
  2. Lihat sajian beranda dan pastikan PMP yang terinstal ialah versi 2.1
  3. Kemudian pilih sajian "Kirim Data". Pada sajian ini teman akan menemukan tombol backup data yang berada di antara tombol kirim data dan restore data.
  4. Silahkan klik tombol "Backup Data"
  5. Tunggu sampai proses selesai, kecepatan proses backup data tergantung spesifikasi dan respon perangkat (laptop/komputer) yang teman gunakan.
  6. Jika proses backup berhasil, silahkan cari filenya di sajian unduhan/download pada browser yang teman gunakan. Menu unduhan/download mungkin berbeda letaknya dari masing-masing browser. Atau teman juga dapat pribadi mencarinya dalam folder penyimpanan. Secara deafult ada pada folder download di PC sahabat.
  7. Pindah file backup data pada folder yang aman
  8. Selesai
 Sahabat operator sekolah yang lagi sibuk menjalankan kiprah Cara Backup Aplikasi PMP Versi 2.1 Terbaru 2017
Gambar 1 : Cara Backup Data PMP Versi 2.1

Ada beberapa yang yang mungkin perlu teman perhatikan selama proses backup data PMP versi 2.1 yakni:
  1. Apa bentuk file hasil backup data PMP? Menurut pengalaman saya, format file hasil backup PMP berbeda dari masing-masing versi. Pada versi 2.0 ke bawah file dapat dibuka dengan rar sedangkan pada versi 2.1 tidak bisa. Format file hasil backup data PMP versi 2.1 berextensi .pmp sebagaimana gambar 2 di bawah.
  2. Bisakah backup data PMP tanpa online? Berdasarkan percobaan saya, backup data PMP dapat dilakukan dengan online maupun offline. Asalkan PC yang dipakai ialah PC server (yang terinstal aplikasi PMP) bukan PC client yang dihubungkan ke server. Perhatikan gambar 1 di atas.
  3. Bolehkah saya mengganti/rename file hasil backup PMP? Ini ialah hal yang sangat perlu teman perhatikan. Jangan pernah mengganti nama file hasil backup data PMP. Biarkan apa adanya, sebab bila sewaktu-waktu kita butuh restore data, file backup tidak akan terbaca bila nama file diganti. Lebih baik menciptakan folder dengan nama yang gampang diingat.
 Sahabat operator sekolah yang lagi sibuk menjalankan kiprah Cara Backup Aplikasi PMP Versi 2.1 Terbaru 2017
Gambar 2 : Format File Backup Data PMP 2017

Demikian cara dan langkah-langkah backup data PMP versi 2.1 terbaru yang rislis di tahun 2017 ini. Semoga klarifikasi di atas bermanfaat bagi kita semua, terutama bagi teman operator yang sangat membutuhkannya. Salam semangat bertugas dari saya. :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dalil Lengkap Ihwal Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw

Inilah 5 Perbuatan Tegesa-Gesa Yang Menerima Pahala

Mengapa Langit Berwarna Biru Kok Tidak Ungu?