Inilah Laba Dan Tantangan Ngeblog Yang Mesti Kau Ketahui

Apa saja sih laba dan manfaat mempunyai blog? dan kira-kira apa saja tantangan yang harus dihadapi sebagai seorang blogger? Itulah pertanyaan selama ini yang menghantui pikiran saya. Ingin mempunyai blog tetapi ragu alasannya yakni belum mengerti banyak akan manfaat dan keuntungannya, selain itu belum juga mempunyai kehalian sama sekali untuk mengisi blog tersebut.

Apa saja sih laba dan manfaat mempunyai blog Inilah Keuntungan dan Tantangan Ngeblog yang Mesti Kamu Ketahui

Memangnya keahlian apa saja yang harus dimiliki seorang blogger? Diantaranya yakni mempunyai imajinasi tinggi ibarat imajinasi desain gambar dan keahlian merangkai kata untuk menciptakan artikel, mempunyai kemampuan administrasi yang baik, dan harus mempunyai wawasan luas. Inilah dongeng yang saya dapatkan dari sobat sekelas saya yang kini sudah sukses menjadi blogger. Namun jikalau dipikir lebih dalam lagi, keahlian tersebut bukan modal utama menjadi blogger sukses. Ini terbukti sehabis saya memberanikan diri untuk mempunyai blog sendiri. Awalnya memang berat, tetapi seiring berjalannya waktu ternyata ngeblog itu asyik juga. Meskipun belum sukses, tetapi paling tidak saya telah menikmati aktifitas selama menjadi blogger.

Keuntungan dan Manfaat Ngeblog yang Patut Kamu Mengerti


Sekedar membuatkan saja dan tidak ada maksud untuk mengajari. Semua ini saya tulis menurut pengalaman pribadi, bukan asal tulis sebagai keperluan meningkatkan trafik blog. Semoga sanggup membantu kau yang selama ini bertanya-tanya ada gunanya nggak sih mempunyai blog. Berikut beberapa manfaat dan laba ngeblog yang akan kau peroleh jikalau kau benar-benar serius menekuni blog kamu:

#1. Memiliki banyak kenalan baru

Ada salah satu aktivitas blogging wajib kau lakukan biar blog menjadi ramai pengunjung, yaitu blogwalking. Dengan blogwalking kita akan saling mengenal satu sama lain tanpa peduli jarak dan status, alasannya yakni dengan internet kita bisa berkomunikasi tanpa jauh-jauh untuk berjumpa. Dari sini kita bisa menjalin kekerabatan baik meski belum pernah bertemu sebelumnya.
Tidak peduli seberapa jauh, tidak ada status blogger pemula dan blogger senior. Semua dalam satu tujuan sama yakni saling membuatkan warta dan saling membantu. Sebelumnya kita belum kenal kan? Nah kini kita bisa saling kenal.

#2. Menumbuhkan semangat membaca

Jika selama ini kau hanya bermain facebook maka yang kau baca hanyalah status-status sobat yang tidak jelas, alayy, dan mungkin lebaay. Jarang sekali bisa menemukan update facebook dengan artikel bermanfaat, kebanyakan facebook hanya sebagai media share dari artikel blog. Dari pada membaca update status yang tak terang dan membuang waktu bermain fb, lebih baik mempunyai blog sendiri dan mulai menulis.

Kok menulis? apa hubungannya dengan menumbuhkan semangat membaca? Sebelum menulis tentunya kita butuh refrensi bacaan, tilisan ini tidak akan jadi jikalau saya tidak rajin membaca. Semangat membaca akan tumbuh seiring keseriusan kita untuk menulis. Kini saatnya menumbuhkan semangat membaca atas kebutuhan sendiri bukan lantaran tuntutan orang bau tanah dan guru ibarat masa sekolah.

#3. Mendapatkan banyak sekali pengalaman baru

Apa yang belum kau dapatkan sebelumnya akan kau dapatkan sehabis menjadi blogger. Mungkin selama ini kau hanya mengetahui beberapa hal seputar hobi yang kau tekuni saja. Dengan ngeblog kau akan mendapatkan apa yang sebelumnya tidak terpikirkan oleh mu, yaitu pengalaman baru, ilmu baru, pengetahuan baru, dan wawasan baru.

Dunia blogger tidak sesempit daun kelor, jaringannya luas, ada bermacam-macam warta unik dan menarik bisa kau dapatkan dengan mudah. Barangkali sebelumnya belum bisa mengoperasikan komputer, maka dengan ngeblog dijamin kau tidak akan gagap teknologi. Jujur selama ini saya belum pernah buka potoshop, sehabis ngeblog jangankan membuka, instal dan edit gambar untuk keperluan blogging jadinya saya bisa.

#4. Meningkatkan kedisiplinan

Setelah terjun ke dunia blogging kau akan disibukkan untuk update artikel setiap hari, membaca refrensi, blogwalking, dan lain sebagainya. Dari sini akan tumbuh harapan untuk memanajemen waktu dengan baik. Cobalah kalau tidak percaya. Ini telah saya alami, sebelumnya saya menghabiskan waktu untuk aktivitas tidak penting ibarat nonton televisi, jalan-jalan, main game. Setelah mempunyai blog sendiri, tanpa saya sadari kini hari-hari terasa lebih bermakna.

#5. Memperoleh keahlian menulis

Menulis itu bukan talenta keturunan yang diwariskan oleh ayah dan ibu, melainkan kemampuan yang akan kita dapatkan sehabis latihan dan kemauan keras untuk bisa menulis. Keahlian menulis niscaya akan kau dapatkan jikalau kau serius ngeblog, alasannya yakni aktifitas utama ngeblog yakni menulis artikel (dalam dunia blogging umum dikenal dengan sebutan konten) yang nantinya akan menjadi raja untuk blog kesayanganmu.

Kualitas blog ditentukan oleh artikel yang setiap harinya kita update. Semakin rajin menulis meski awalnya susah maka semakin mapan keahlian menulis yang akan kau miliki. Dengan demikian tidak menutup kemungkinan kau akan menjadi penulis hebat melebihi jurnalis.

#6. Mengantongi berlimpah uang

Inilah yang akan menjadi motivasi ngeblog kamu. Selain sebagai daerah penyalur hobi, jikalau serius maka blog kesayanganmu bisa kau jadikan sebagai pundi-pundi penghasilan. Meski bukan sumber penghasilan utama paling tidak bisa mendapatkan penghasilan perhiasan sebagai pekerjaan sampingan. Santai dengan duduk sambil minum kopi di depan leptop tanpa menguras banyak tenaga.

Dengan cara apa dan bagaimana kita bisa mendapatkan uang dari blog? Ini sudah umum diperbincangkan, banyak sekali cara telah dijelaskan secara gamblang oleh blogger-blogger lain. Yang paling fundamental bisa kau lakukan untuk mendapatkan uang dari blog yakni menjadi publisher adsense, menyediakan daerah iklan mandiri, dan menjual artikel secara online maupun offline.

#7. Terkenal ibarat artis

Jangan kira orang populer hanya artis selebriti saja, seorang blogger pun bisa menjadi populer layaknya artis. Bahkan saya kira blogger seharusnya lebih terpandang dari pada artis selebriti. Kamu juga niscaya tahu, bermodal candaan saja bisa jadi artis, kadang hanya dengan foto saja bisa jadi artis. Dan saya rasa artis bisa populer hanya lantaran keberuntungan saja.

Berbeda dengan blogger, ia rela menghabiskan waktunya untuk kepentingan yang lebih bermanfaat, membuatkan warta penting dan diharapkan masyarakat. Bisa dibilang seorang blogger yakni jagoan tanpa jasa.

Demikian yang bisa saya sebutkan, bantu-membantu masih sangat banyak sekali manfaat dan laba ngeblog yang mungkin akan kau dapatkan dan belum sempat saya sebutkan. Namun 7 laba ngeblog di atas kemungkinan sudah bisa membangun dan memantapkan hati kau untuk mulai jadi blogger sukses. Ingat setiap insan niscaya mempunyai kemampuan (keunggulan) sendiri yang tidak sama antara satu dengan lainnya. Siapa tahu kau bisa mengungguli semua blogger yang selama ini telah sukses. Makara jangan ragu, mulailah kembangkan talenta dan kasih tau kepada mereka akan karya yang kau hasilkan melalui blog.

Tantangan Ngeblog Yang Wajib Kamu Pahami


Selain banyak manfaat dan keuntungan, ngeblog juga mempunyai banyak tantangan yang benar-benar harus kau pahami. Sebab banyak juga blogger gres yang hanya bertahan beberapa bulan saja kemudian berhenti, alasannya yakni cuma mengerti manfaatnya saja tanpa memahami tantangannya. Tergiur dengan laba ngeblog tetapi tidak mempedulikan tantangan di depan yang harus dihadapi. Apa lagi sehabis membaca warta atau mendengar dongeng akan mudahnya menjadi blogger sukses, pribadi deh menciptakan blog.

Padahal di dunia ini tidak ada satupun hal yang sanggup kita raih dengan mudah, semua butuh usaha yang penuh tantangan dan cobaan. Nah, biar kau tidak tersesat nantinya ketika sudah mempunyai blog, saya juga akan membuatkan pengalaman rintangan serta keluh kesah yang saya jalani. Dan inilah tantangan yang saya hadapi selama menjadi blogger:

#1. Menulis dan terus menulis

Menulis itu merepotkan dan melelahkan tetapi mau bagaimana lagi, kita harus tetap menulis untuk mengisi blog kita. Meski sulit namun harus tetap kita paksa, alasannya yakni jikalau tidak kapan bisa menjadi penulis hebat, kapan bisa sukses ngeblog. Pengen sukses kok tidak mau kerja keras, hehe.

#2. Menghabiskan banyak waktu

Seperti yang saya singgung di atas, aktivitas wajib ngeblog yakni menulis artikel. Sedangkan menulis tidak ibarat ceramah atau khutbah jum’at, 15 – 30 menit selesai. Harus berpikir keras merangkai kata, belum lagi waktu untuk membaca refrensi, tentu butuh waktu berjam-jam.

#3. Sedih alasannya yakni pengunjung sepi

Hal paling mengecewakan ketika ngeblog yakni ketika sepi bahkan tidak ada pengunjung mampir ke blog kita. Bayangkan saja, sudah capek-capek nulis, menguras banyak tenaga, memakan banyak waktu, tetapi tidak ada satu pun pengunjung yang mampir. Namun jangan cepat putus asa, jalani saja dengan tulus dan penuh kesabaran. Seminggu belum ada pengunjung, sebulan pengunjung tak kunjung datang, setahun niscaya kebanjiran pengunjung.

#4. Bertubi-tubi mendapatkan penolakan Adsense

Nah yang satu ini nih, setiap blogger niscaya pernah mencicipi pahitnya ditolak lamaran sebagai publisher adsense kan? Tidak lain termasuk saya. Jika kau sudah mulai ngeblog jangan kaget akan susahnya menjadi publisher AD. Jangan psimis, alasannya yakni google adsense bukan satu-satunya pintu penghasilan ngeblog. Ada banyak alternatif lain ibarat menjual artikel, produk, dan jasa sendiri. Menurut saya, dari pada pusing-pusing memikirkan penghasilan, mending nikmati dulu aktifitas blogging.

Baca juga:
Inilah 2 Hal Yang Perlu Diperhatikan Oleh Penulis Blog Pemula

Kesimpulan ;

Mengertilah bahwa ngeblog itu tidak segampang warta yang kau baca, tidak semanis dongeng yang kau dengarkan, tidak akan semulus yang kau bayangkan.

Pahamilah bahwa ngeblog itu juga banyak tantangan yang harus kau lewati, banyak cobaan yang harus kau hadapi, banyak rintangan yang harus kau terjang.

Mengertilah, pahamilah, dan lakukanlah. :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Sih Perbedaan Snmptn Dan Sbmptn?

Dalil Lengkap Ihwal Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw

Cara Memakai Psiphon Pro Di Windows Komputer / Laptop