Macam-Macam Makhluk Yang Mengeluarkan Darah Haid

Kita semua niscaya tahu bahwa makhluk ciptaan Allah bukan hanya insan saja. Malaikat, jin, manusia, flora dan binatang, bahkan benda mati merupakan makhluk ciptaan Allah SWT. Segala sesuatu dimuka bumi ini dan seluruh isi jagat raya ialah ciptaan Allah. Allahurabbul ‘alamin “Allah Tuhan semesta alam. Tetapi tahukah bahwa yang mengeluarkan darah haid bukan hanya insan (wanita) saja? Mungkin pertanyaan tersebut gila bagi yang belum mengetahuinya dan tidak gila lagi bagi yang sudah mengetahuinya. Lalu apa sajakah makhluk Allah selain insan (wanita) yang mengeluarkan haid? Kita akan bahas itu nanti.

Kita semua niscaya tahu bahwa makhluk ciptaan Allah bukan hanya insan saja Macam-Macam Makhluk yang Mengeluarkan Darah Haid

Sebelum kita membahas makhluk apa saja yang mengeluarkan darah haid, mari terlebih dahulu memahami apa itu haid dan dalil yang pertanda haid. Haid merupakan permasalahan rutin yang dialami oleh setiap perempuan dan menyangkut sah atau tidaknya ibadah mereka. Oleh lantaran itu setiap perempuan diwajibkan untuk mempelajari dan memahaminya. Dan bukan hanya perempuan saja yang diwajibkan tetapi juga bagi laki-laki. Meskipun haid ialah permasalahan yang hanya terjadi pada wanita, namun pria juga harus paham problem haid guna menjawab pertanyaan-pertanyaan dari istri atau anak-anaknya kelak yang kurang begitu paham problem haid.

Pengertian Haid

Apa itu haid? Haid ialah darah yang keluar dari rahim wanita. Ya, tetapi tidak sesempit itu. Secara bahasa kata haid berasal dari bahasa Arab yang artinya mengalir. Sedangkan berdasarkan istilah haid ialah darah yang secara karakteristiknya (bukan lantaran sakit) keluar dari pangkalan rahim perempuan pada waktu-waktu tertentu secara alami. Waktu-waktu tertentu artinya darah yang keluar telah mencapai usia 9 tahun kurang dari 16 hari kurang sedikit (usia 8 tahun 11 bulan 14 hari lebih sedikit) dihitung memakai tanggal hijriyah semenjak kelahirannya. Serara alami artinya darah tersebut keluar bukan lantaran sakit atau melahirkan. Dengan demikian maka darah yang keluar saat perempuan belum berusia 9 tahun atau keluarnya disebabkan melahirkan atau lantaran sakit, maka tidak dinamakan darah haid. [1]

Mengapa perempuan mengalami haid? Bagaimana proses terjadinya haid? Berapa kerikil normal perempuan mengalami haid? Kita akan kupas tuntas dikesempatan yang akan datang. Pahami dan amalkan apa yang kita bahas pada halaman ini. Tidak lupa pula bagi pria jangan sesekali mengabaikan permasalahan haid. Meskipun tidak pernah mengalaminya tetapi pria mempunyai tanggung jawab terhadap istri dan anak-anaknya.

Dalil Haid dalam Al-Qur’an dan Hadits

Banyak dalil yang menjelaskan ihwal haid, baik di dalam Al-Qur'an maupun di dalam Hadits. Tetapi di sini kita hanya mencantumkan beberapa dalil saja dari sekian banyaknya dalil tersebut. Untuk mengetahui lebih dalam lagi ihwal dalil haid kita sanggup mendapatkannya dengan rajin membaca refrensi-refrensi lain.
Allah SWT berfirman dalam kitab suci Al-Qur’an:

Kita semua niscaya tahu bahwa makhluk ciptaan Allah bukan hanya insan saja Macam-Macam Makhluk yang Mengeluarkan Darah Haid

Artinya:
Mereka bertanya kepadamu ihwal haidh. Katakanlah: "Haid itu ialah suatu kotoran". Oleh lantaran itu hendaklah kau menjauhkan diri dari perempuan di masa haid; dan janganlah kau mendekati mereka, sebelum mereka suci. Jika mereka telah suci, maka campurilah mereka itu di kawasan yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang mau bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri. (Q.S. Al-Baqarah: 222)

Dan Rasulullah SAW telah bersabda dalam sebuah hadits sebagai berikut:

Kita semua niscaya tahu bahwa makhluk ciptaan Allah bukan hanya insan saja Macam-Macam Makhluk yang Mengeluarkan Darah Haid

“Sesunggunhnya ini (haid) ialah merupakan sesuatu yang telah ditetapkan (ditakdirkan) oleh Allah SWT kepada anak cucu adam wanita”. (H.R. Bukhari-Muslim)

Macam-Macam Makhluk yang Mengeluarkan Darah Haid

Mungkin beberapa diantara kita belum pernah terpikirkan bahwa ada makhluk hidup lain yang mengeluarkan darah haid. Apa memang ada selain insan yang mengeluarkan darah haid? Ya, ternyata haid bukan hanya dialami oleh insan (wanita), selain insan ada beberapa binatang yang mengeluarkan darah haid sehingga jumlahnya ada 8 macam. Hanya saja mungkin jarang sekali ada yang mengetahui akan hal ini. Berikut  8 makhluk hidup yang dimaksud:
  1. Manusia (seorang wanita)
  2. Srigala
  3. Beruang
  4. Kelelawar
  5. Unta
  6. Anjing
  7. Cicak
  8. Kuda [2]

Namun ada perbedaan haid yang dialami oleh insan (wanita) dengan beberapa binatang tersebut di atas. Perbedaan tersebut ialah siklus haid yang dialami hewan-hewan tersebut tidak teratur dan tidak mempunyai waktu-waktu tertentu menyerupai manusia.

Nah itulah macam-macam makhluk yang mengalami haid atau mengeluarkan darah haid. Demikian yang sanggup kita pelajari. Semoga bermanfaat bagi aku khususnya dan bagi pembaca biar apa yang dibaca menjadi ilmu yang bermanfaat.

Mengingat permasalahan haid sangat erat hubungannya dengan ibadah kita sehari-hari sudah tentu kita diwajibkan untuk mempelajarinya. Baca selengkapnya pada postingan di bawah ini:
Hukum Mempelajari Haid Bagi Wanita dan Pria.

Baca Juga:
Memahami Darah Nifas dan Permasalahan di Dalamnya

[1] al Bajuri I/113
[2] Moh. Zuhri Shaleh, Petunjuk Lengkap Tentang Hukum Haid-Nifas & Istihadhah (Surabaya: Al-Hidayah, 2005), 20-21

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dalil Lengkap Ihwal Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw

Download Kisi-Kisi Soal Un Dan Usbn Tahun 2017/2018 Dari Kemdikbud

Cara Memakai Psiphon Pro Di Windows Komputer / Laptop