Template Amp Itu Ternyata Gampang-Gampang Susah

Kurang menarik rasanya jikalau hanya memakai template bawaan blogger. Terlebih dikala saya sering berkunjung ke teman-teman blogger yang templatnya bagus-bagus. Memang sih manis atau tidak manis itu relatif tergantung selera masing-masing. Tetapi saya tetapkan untuk mengganti template bawaan blogger.

Kurang menarik rasanya jikalau hanya memakai template bawaan blogger Template AMP Itu Ternyata Gampang-Gampang Susah

Awalnya saya bingung, harus cari kemana template yang pas. Browsing kesana kemari hasilnya ketemu di Kompi Ajaib. Saya lihat-lihat dan hasilnya ketemu juga template yang pas bagi saya. Tanpa berpikir panjang saya pribadi membelinya. Kemudian saya mulai memasangnya diblog saya dan ternyata untuk mengatur templatenya tidak semudah yang saya bayangkan. Terlebih yang saya beli ini ialah template AMP yang mana masih abnormal bagi saya blogger pemula.

Apa sih AMP itu? Apa kekurangan AMP? Dan Apa kelebihan AMP?

#1 Apa sih AMP itu?

Menurut yang saya baca dari email yang dikirim oleh bapak Adhy Suryadi AMP (Accelerated Mobile Page) itu ialah cara untuk membangun web supaya lebih cepat dan ringan. AMP ialah proyek google yang dibentuk untuk publiser supaya mempunyai halaman yang lebih cepat terutama dikala diakses melalui perangkat mobile. Sederhananya menyerupai itu, mungkin untuk lebih jelasnya sanggup dicari di eyang google.

#2 Apa kekurangan AMP?

Kekurangan AMP berdasarkan saya pribadi sebagai blogger pemula sudah tentu sangat kerepotan mengaplikasikannya. Perlu waktu untuk mempelajarinya guna merubah repot menjadi mudah.

Mulai dari cara menciptakan postingan; komponen dalam postingan harus benar-benar saya perhatikan jikalau ingin postingan saya valid AMP. Entah itu pada gambar, video, ataupun goresan pena artikel.

Kemudian cara pasang iklan; saya rasa cara pasang iklan di AMP memang ribet sekali atau memang saya yang belum berpengalaman? Meskipun blog ini masih gres tetapi saya juga ingin menyerupai blogger atau publisher lainnya yang sanggup mendapat penghasilan dari hasil tulisannya dengan memasang iklan diblognya.

Tidak ada artikel terkait; padahal artikel terkait saya rasa diperlukan sekali supaya pembaca lebih gampang menemukan artikel yang masih bekerjasama dengan yang dibaca tadi. Untuk sanggup menampilkan artikel terkait kata bapak Adhy Suhardi perlu memakai unit iklan mached content Adsense, sedangkan saya belum punya akun adsense.

Kesimpulan; AMP mungkin sulit diaplikasikan oleh blogger pemula tetapi belum tentu sulit bagi blogger usang yang sudah pandai kode-kode blog.

#3 Apa kelebihan AMP?

Kelebihan AMP ini juga berdasarkan saya pribadi. Maklum saya masih belum berpengalaman di dunia blogging. Masih butuh banyak pengalaman dari para blogger senior.

Yang pertama menghemat waktu; AMP dibentuk oleh proyek google untuk memuat halaman semoga lebih cepat diakses, maka waktu yang kita butuhkan untuk mengakses halaman yang kita cari tidak terlalu lama. Semakin cepat dikala kita menuntaskan sesuatu maka waktu yang kita miliki untuk menuntaskan sesuatu berikutnya tersisa lebih banyak. Misalnya kita ingin membaca sebuah artikel dihalaman yang usang loadingnya, maka waktu yang akan kita gunakan untuk membaca terbuang habis untuk menunggu kontennya dimuat.

Kedua memberi kenyamanan kepada pengunjung; dengan kanal halaman yang lebih cepat sudah tentu pengunjung merasa lebih nyaman. Dengan kanal yang lebih cepat maka kita telah memperlihatkan kesempatan yang lebih banyak kepada pengunjung untuk membaca artikel-artikel lain di blog kita. Pengunjung juga tentunya akan lebih betah, sebab saya rasa niscaya diantara kita merasa bosan jikalau hanya menunggu konten yang sedang dimuat (proses loading).

Ketiga meningkatkan pengunjung; sesudah pengunjung merasa nyaman sudah tentu mereka tidak akan bosan untuk kembali mengunjungi blog kita. AMP dirancang untuk mempermudah bagi pengguna mobile untuk mengakses sebuah situs yang mereka inginkan. Semua niscaya sudah tahu bahwa pengunjung lebih banyak yang memakai mobile dari pada desktop. Percuma kan jikalau kita punya blog dengan konten yang berkualitas tetapi loadingnya usang (lemot).

Coba kita bandingkan, si A punya blog dengan konten yang sangat berkualitas namun butuh waktu usang supaya sanggup mengaksesnya, apakah kita harus terlebih dulu membuka laptop supaya sanggup mengaksesnya? Andaikan kita sebagai pengunjung blog tersebut apakah kita merasa nyaman? Apalagi pas koneksi internet kita lemot. Apakah besar kemungkinan kita akan kembali mengunjunginya?

Mungkin dari sekian banyak diantara kita ada yang akan tetap berkunjung dengan alasan kontennya berkualitas, dan ada juga yang tidak ingin berkunjung kembali dengan alasan masih banyak blog yang berkualitas dengan kanal yang lebih gampang dan lebih cepat. Kira-kira kau yang mana ya? ^_^

Kesimpulan: AMP dirancang untuk mempercepat kanal ke halaman situs guna memperlihatkan kenyamanan lebih kepada penggunanya.

Template AMP itu Ternyata Gampang-Gampang Susah

Awalnya saya memang sangat bingung, blogger pemula tetapi sudah disuguhi kustomisasi AMP yang terasa memberatkan bagi saya. Bahkan hampir saya tetapkan untuk kembali mengganti template yang sederhana-sedernana saja. Tetapi sesudah membaca saran dari bapak Adhy Suryadi ternyata memang benar. Blogger bukan hanya pandai menulis, tetapi juga harus paham koding meskipun hanya koding dasar. Dan saya juga berpikir bahwa blogger juga harus sanggup mengikuti perkembangan teknologi yang semakin hari semakin canggih.

Kurang menarik rasanya jikalau hanya memakai template bawaan blogger Template AMP Itu Ternyata Gampang-Gampang Susah

Belajar dari dunia bisnis bahwa kepuasan pelanggan ialah hal yang paling utama untuk mendapat laba yang stabil. Saya rasa blogger pun begitu. Kenyamanan pengunjung ialah hal utama yang harus benar-benar diperhatikan. Pasar sepi sebab tidak ada pembeli dan blogger sepi sebab tidak ada pengunjung.

Inilah yang menciptakan saya termotivasi untuk terus mengikuti perkembangan teknologi dan bukan hanya sekedar menulis. Inilah yang akan menciptakan template AMP terasa gampang bagi saya. Segala sesuatu tidak selamanya sanggup didapat dengan mudah. Sesuatu yang gampang kita dapatkan, gampang pula kita lupakan. Keberhasilan dari perjuangan sendiri ialah kepuasan tersendiri. ^_^

Doakan saya ya. Semoga jadi blogger menyerupai kalian. Semoga blog ini sanggup berkembang dengan konsisten. Semoga blog ini bermanfaat bagi kita semua. Kasih komentar buat masukan blog saya kedepan.

Update! Pada kesempatan berikutnya hasilnya saya selesai menciptakan postingan ihwal AMP lagi, yaitu ihwal tata cara menciptakan postingan supaya valid AMP. Postingan tersebut saya buat sebagai panduan saya dikala menciptakan postingan. Apabila teman-teman juga pengguna template AMP dan masih galau dikala menciptakan postingan, silahkan baca postingan saya pada halaman berikutnya dan mari kita berguru bersama.
Membuat Postingan Supaya Valid AMP

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dalil Lengkap Ihwal Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw

Download Kisi-Kisi Soal Un Dan Usbn Tahun 2017/2018 Dari Kemdikbud

Cara Memakai Psiphon Pro Di Windows Komputer / Laptop