Pentingnya Nilai Un Untuk Pendidikan Era Depan

"Apa sih gunanya nilai UN (Ujian Nasional)? Apalagi UN kini kan tidak lagi memilih kelulusan. Kaprikornus ngapain juga harus ada UN? Lagian saya berguru di sekolah sudah menempuh banyak sekali macam ujian dan evaluasi, menyerupai ulangan harian, UTS, UAS, ujian prektek, dll". Mungkinkah di antara kalian ada yang pernah berpikir menyerupai itu? Mari luangkan sejenak untuk membaca artikel ini supaya kau mengerti betapa pentingnya nilai ujian nasional untuk pendidikan masa depan.

 Apalagi UN kini kan tidak lagi memilih kelulusan Pentingnya Nilai UN untuk Pendidikan Masa Depan

Setiap simpulan tahun pelajaran, pemerintah menyelenggarakan penilaian pada setiap satuan pendidikan untuk mengukur kemempuan berguru siswa secara nasional, inilah ujian nasional (UN). Hanya mata pelajaran tertentu yang di ujikan, yaitu Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dan mapel pilihan tertentu sesuai dengan kegiatan / peminataan untuk Sekolah Menengan Atas dan Sekolah Menengah kejuruan sederajat.

Dalam implementasinya, pelaksanaan UN menuai bermacam-macam pandangan pro dan kontra, hal ini disebabkan saat nilai UN menjadi standar kelulusan siswa, yang artinya jikalau siswa ingin lulus sekolah dan melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya maka siswa harus bisa mencapai standar nilai yang ditentukan oleh pemerintah. Sedangkan proses berguru siswa di sekolah selama 3 tahun telah menempuh banyak sekali penilaian secara periodik, diantaranya ulangan harian, ulangan tengah semester, dan penilaian simpulan semester.

Pada akhirnya, ujian nasional tidak lagi menjadi penentu kelulusan. Walaupun demikian, ujian nasional tetap diselenggarakan pemerintah guna memetakan mutu pendidikan di seluruh Indonesia. Lalu apa yang menjadi penentu kelulusan siswa? Yaitu pencapaian hasil berguru siswa yang ia tempuh di sekolah selama 3 tahun diambil dari nilai setiap semester dan ujian simpulan sekolah (UAS dan UASBN). Dengan demikian kriteria standar kelulusan siswa lebih komprehensif lantaran tidak mengacu lagi pada nilai UN yang hanya diambil dari mata pelajaran tertentu saja dan dilaksanakan pada hari tertentu juga.

Alasan Kenapa Nilai UN Sangat Penting


Kemudian yang menjadi catatan penting untuk kau para siswa-siswi yang akan menghadapi ujian nasional, bahwa nilai UN memang tidak lagi menjadi contoh kelulusan, namun kau harus tetap profesional menghadapi UN. Mengapa demikian? Silahkan perhatikan tujuan dan manfaat ujian nasional di bawah ini.

  1. Program pemetaan mutu pendidikan dan atau satuan pendidikan
  2. Dasar pelatihan dan pemberian sumbangan kepada satuan pendidikan untuk pemerataan dan peningkatan mutu pendidikan
  3. Pertimbangan seleksi masuk jenjang pendidikan berikutnya
  4. Hasil UN bisa dimanfaatkan pemerintah kawasan untuk pencapaian standar akseptor didik, satuan pendidikan maupun wilayah

Yang harus paling kau perhatikan yakni poin ke 3, pada poin tersebut dijelaskan bahwa nilai UN dipakai sebagai patokan pertimbangan seleksi masuk jenjang pendidikan selanjutnya. Hal ini bermakna bahwa ujian nasional tetap berperan penting untuk masa depan pendidikan kamu. Misalnya, kau yakni siswa SMP, biar bisa masuk di Sekolah Menengan Atas favorit maka salah satu yang dipertimbangkan yakni nilai UN. Demikian juga untuk siswa SMA, biar bisa masuk dan menjadi mahasiswa di akademi tinggi maka nilai UN sanggup membantu seleksi masuk di fakultas harapan kamu.

Tips Sukses Ujian Nasional


Nah, sulit atau mudahnya kau bisa diterima dan masuk di pendidikan selanjutnya sangat dipengaruhi oleh nilai UN yang kau peroleh. Itulah alasan kenapa nilai UN masih berperan penting untuk pendidikan masa depan yang patut kau pertimbangkan. Kemudian demi menyukseskan ujian nasional yang akan kalian hadapi nanti, silahkan baca beberapa artikel dan dokumen penunjang pembahasan bahan UNBK 2018 di bawah ini:


Kaprikornus kesimpulannya, mencapai sasaran nilai UN yang baik bukan lagi kewajiban tetapi merupakan kebutuhan demi pendidikan masa depan yang cerah. Semoga sehabis membaca artikel ini kau mengerti makna bahwasanya dari nilai UN yang akan kalian dapatkan nanti. Belajarlah lebih rajin dan semoga mendapat nilai yang terbaik sehingga menjadi siswa yang berprestasi serta menjadi pujian orang tua, guru, dan bangsa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dalil Lengkap Ihwal Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw

Inilah 5 Perbuatan Tegesa-Gesa Yang Menerima Pahala

Mengapa Langit Berwarna Biru Kok Tidak Ungu?