Cara Flashing Android Samsung Untuk Semua Jenis Model / Tipe

Pada kesempatan kali ini saya akan membuatkan bagaimana cara flash android samsung untuk segala macam tipe / model. Dengan membaca artikel ini dan mengikuti langkah-langkah flashing yang saya tulis maka kau sanggup melaksanakan hard reset / flashing android samsung untuk semua jenis tipenya.

Jika dalam komputer lebih sering kita kenal dengan instal ulang, dalam android lebih familier dengan sebutan flash. Intinya sama yakni untuk memperbarui sistem operasi kedua perangkat tersebut (komputer / smartphone). Hal ini dilakukan apabila terdapat beberapa kerusakan pada software android tersebut, contohnya tiba-tiba mati atau restart sendiri, ada beberapa aplikasi terbuka sendiri secara otomatis atau menutup dengan sendirinya, bahkan tidak sanggup masuk ke sajian (hanya hingga logo ketika dinyalakan "bootloop"). Jalan satu-satunya yaitu dengan melaksanakan flashing, alasannya ialah kalau hanya dengan reset pabrik saja saya rasa itu belum cukup, reset pabrik hanya menghapus data dan chace saja pada perangkat android tersebut. Mengingat hal ini maka mau tidak mau harus flashing untuk memperbarui semua operasi sistem supaya lebih segar kembali.

Perlu di ingat sebelum memperbaiki kerusakan maka perhatikan dulu jenis kerusakannya, apakah pada hardwarenya atau shoftwarenya. Jika kita mengingat pelajaran kelas 7 SMP, ada dua komponen pada komputer yaitu perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Contoh perangkat keras komputer ; keyboard, monitor, mouse, CPU. Contoh perangkat lunak komputer ; OS (windows, linux, MAC OS), aktivitas aplikasi (photoshop, microsoft office, media player). Begitupun pada Android, ada chasing, batre, touch screen, dll ini termasuk perangkat keras android. Kemudin ada firmware dan beberapa aplikasi lain ini termasuk perangkat lunak android. Kaprikornus apabila kerusakan itu ada pada perangkat keras kita tidak sanggup memperbaikinya dengan cara flashing, masak layar pecah sanggup kembali normal sehabis di instal ulang, mustahil kan? Jangan harap batre ngedrop sanggup normal kembali sehabis di flash, kenapa? Sudah tahu jawabannya kan? Hehe.

Cara hard reset atau flashing android samsung segala model / tipe


Sebenarnya ada dua cara flashing smartphone yakni tanpa PC dan memakai PC sebagai pihak ke tiga, namun di sini saya memakai cara yang kedua yaitu dengan PC, alasannya ialah lebih kondusif dan lebih mudah.

#1. Bahan yang dipersiapkan
  • PC (laptop/komputer) dengan OS windows
  • Kabel konektor (USB) yang menghubungkan PC ke HP
  • Driver USB samsung kalau dibutuhkan
  • Odin
  • Firmware samsung

#2. Memastikan bahwa firmware cocok dengan tipe HP

Banyak tutorial yang menjelaskan wacana cara flash HP, sekaligus menyediakan firmwarenya, tetapi di sini saya lebih menyarankan untuk mengunduh firmware tersebut pribadi pada website resmi samsung yakni sammobile .com, guna memastikan kita tidak salah mengunduhnya. Silahkan terusan website tersebut, cari firmware pada kolom yang disediakan, dan pastikan firmware yang akan diunduh sudah sesuai dengan model/ tipe HP.

Inilah mengapa saya mengambil judul “Cara Flashing Android Samsung untuk Semua Tipe / Model”, semua firmware sanggup di cari di sana, odin juga tersedia di sana, lengkap dengan arahan flashingnya.

Pada kesempatan kali ini saya akan membuatkan bagaimana cara flash android samsung untuk sega Cara Flashing Android Samsung Untuk Semua Jenis Model / Tipe


#2. Langkah-langkah Flashing

  • Extract file firmware dan odin yang selesai di unduh
  • Buka file odin dan jalankan odin.exe
  • Nyalakan smartphone dengan menekan tombol Power + Home + Volume Bawah secara bersamaan
  • Selanjutnya tekan tombol Volume Atas untuk masuk ke download mode
  • Koneksikan smartphone ke PC dengan kabel konektor dan pastikan sudah saling terhubung yang ditandai ID:COM ada port terhubung contohnya 0:[COM7] atau pada kolom log / massage keluar pesan added.
  • Masukkan file firmware pada kolom AP / PDA
  • Biarkan settingan odin secara deafult saja (jangan centang re-partition)
  • Baca Bismillah lalu klik tombol start pada odin
  • Biarkan proses flashing berjalan sempurna, jangan hingga disconnect, untuk itu amankan PC yang terhubung dengan smartphone dari jangkauan bawah umur :)
  • Tunggu beberapa menit hingga proses selesai yang ditandai status PASS berwarna hijau dan secara otomatis smartphone akan restart sendiri.

Pada kesempatan kali ini saya akan membuatkan bagaimana cara flash android samsung untuk sega Cara Flashing Android Samsung Untuk Semua Jenis Model / Tipe

Selama ini saya telah melaksanakan flashing android samsung dari aneka macam tipe / model dan semuanya berhasil dengan sempurna. Langkah-langkah flashing semuanya sama, yang membedakan hanyalah firmwarenya saja, untuk itu pastikan firmwarenya sesuai dengan model / tipe smartphone yang akan di flash.

#3. Permasalahan yang mungkin terjadi

Dari lima HP yang saya flash ada dua permasalahan terjadi dikala itu, diantaranya adalah:

Pertama ; proses restarting HP begitu lama, permasalahan ini terjadi alasannya ialah HP yang saya flash memang berbulan-bulan tidak pernah digunakan. Kaprikornus apabila ada permasalahan sama menyerupai ni, biarkan saja dulu HP dalam proses restart, tunggu hingga satu jam. Apabila selesai satu jam restarting tidak kunjung selesai, mungkin permasalahannya menyerupai permasalahan ke dua yang saya alami juga.

Kedua; saya pernah otak atik HP samsung Ace 3, mulai dari ngeroot hingga upgrade OS, tidak tahu kenapa meskipun sudah saya flash tetapi hasilnya tetap sama (tetap ada beberapa kerusakan), bahkan tidak sanggup nyala kembali. Kemudian saya ulangi langkah-langkah flashing di atas, sehabis proses flashing selesai saya tidak biarkan HP restart sendiri tetapi pribadi saya copot batreinya, sehabis itu saya pasang kembali batreinya lalu melaksanakan Factory Reset. Caranya ialah masuk ke Recovery Mode dengan menekan tombol Power + Home + Volume Atas secara bersama, selanjutnya pilih Wipe data/ Factory Reset. Dan alhasil samsung ACE 3 saya kembali normal.

Demikian cara flashing android samsung untuk semua jenis model / tipe. Saya berani membuatkan isu ini lantaran saya sendiri pernah mencobanya, dan dari kelima HP yang saya flashing semuanya berhasil dengan sempurna. Dari pada pergi ke tukang service pun biayanya cukup mahal, lebih baik service sendiri, cukup bermodal keberanian dan ketelitian saja.

Catatan ; Saya tidak menjamin dan tidak bertanggung jawab atas kesalahan atau kerusakan yang mungkin terjadi.

Nah, untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak di inginkan pada smartphone android kesayangan kalian, ada baiknya kalian memahami dan mengetahui wacana cara meningkatkan dan menjaga performa android. Dengan mengetahui hal tersebut tentu kalian lebih sanggup menjaga performa android. Sehingga tetap baka dan tidak gampang rusak.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dalil Lengkap Ihwal Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw

Inilah 5 Perbuatan Tegesa-Gesa Yang Menerima Pahala

Mengapa Langit Berwarna Biru Kok Tidak Ungu?