Cara Meningkatkan Kreativitas Menulis Artikel Untuk Penulis Pemula

Aktivitas menulis merupakan pekerjaan yang cukup membingungkan dan melelahkan, terutama bagi penulis pemula yang lagi berguru mengembangkan kreativitas menulisnya. Tidak jarang mereka ingin mencari solusi sempurna supaya cerdas menulis, saking sibuknya sehingga mereka malah semakin kebingungan lantaran terlalu banyak teori yang dipelajarinya tanpa ada praktek setelahnya.

Untuk itu kita harus sadari bahwa ilmu atau suatu teori akan selalu berkeliaran bebas diotak kita bagaikan kuda tanpa kusir, dan untuk mengendalikan kuda yang terus berkeliaran tersebut kita harus mengikatnya dengan tali, dalam hal ini yakni mengikatnya dengan sebuah catatan. Dengan menulis catatan maka ilmu yang berkeliaran menyerupai kuda itu akan dengan cepat bisa kita kendalikan dan kita kuasai.

Nah, pada kesempatan ini saya akan membuatkan tips meningkatkan kreativitas menulis artikel. Tentu tips yang saya bagikan ini akan tetap menjadi kuda berkeliaran kalau tidak segera dicatat, untuk itu buatlah catatan sesudah ini dan siaplah menjadi penulis yang kreatif. Artinya bisa menjadi penulis yang produktif menemukan ide-ide baru, tidak kesulitan merangkai kata, hingga menjadi penulis lepas yang berbakat.

Aktivitas menulis merupakan pekerjaan yang cukup membingungkan dan melelahkan Cara Meningkatkan Kreativitas Menulis Artikel Untuk Penulis Pemula

Jujur saya sendiri belum bisa menjadi penulis yang kreatif dan produktif, di sini saya sama dengan kalian yang ingin berguru menjadi penulis lepas yang tidak kesulitan menemukan inspirasi dan merangkai kata. Dengan adanya artikel ini semoga kita bisa menjadi penulis jago menyerupai apa yang ada di pikiran masing-masing.

#1. Jangan Terpaku Pada Standar Teori Penulisan

Ada beberapa teori penulisan yang menjadi standar penulisan yang baik dan benar, namun bagi penulis pemula tidak ada salahnya untuk mengabaikan teori tersebut. Misalnya bahasa baku yang harus digunakan, ejaan harus tepat, pembuatan kalimat dan paragraf yang benar. Teori penulisan ini tentu sangat merepotkan bagi penulis pemula, untuk itu abaikan saja. Kita bisa menerapkannya sesudah mencicipi fasilitas menjadi penulis.

#2. Ciptakan Situasi dan Kondisi Senyaman Mungkin

Situasi daerah dan kondisi kita sangat mempengaruhi kreativitas menulis artikel. Untuk itu ciptakan situasi dan kondisi senyaman mungkin. Cari daerah yang memang dianggap paling nyaman, contohnya daerah yang sejuk dan jauh dari keramaian.

Ciptakan kondisi sesuai kesenangan hati, contohnya kalau bahagia musik maka dengarkanlah musik sambil menulis. Pada intinya, kreativitas menulis artikel akan muncul dengan sendirinya kalau situasi nyaman dan kondisi tidak terganggu dengan kejenuhan.

#3. Mulai Menulis Dari Kegiatan Sehari-hari

Hal yang paling gampang untuk kita tulis yaitu menceritakan kegiatan kita sehari-hari. Kita bisa mengawali berguru menulis dengan mencoba menulis acara dari bangun tidur hingga tidur lagi. Tidak mengapa meskipun terkesan lucu dan tidak berkualitas, namanya juga tahap belajar, biarlah menjadi catatan eksklusif dulu.

Dan tidak menutup kemungkinan acara sehari-hari yang kita tulis bisa kita jadikan sebuah cerpen bahkan menjadi sebuah novel yang bisa kita adukan dengan karya-karya penulis jago di dunia. hehe

#4. Menambah Referensi Dengan Memperbanyak Bacaan

Untuk membuat sebuah karya tulis yang berkualitas tentu butuh referensi. Sehebat apapun beliau sebagai penulis pati masih butuh bacaan. Kreativitas dan produktivitas menulis akan tumbuh seiring semakin banyak bacaan yang kita baca, untuk itu kita dihentikan malas membaca. Apa lagi di jaman serba canggih ini, kita telah dibantu teknologi untuk mendapatkan rujukan bacaan tanpa susah payah pergi ke toko buku. Di internet segudang bacaan tersedia gratis dan kita tinggal menentukan untuk membacanya.

#5. Membangun Rasa Percaya Diri

Salah satu kunci keberhasilan yaitu mempunyai rasa percaya diri, termasuk percaya dan yakin akan kualitas artikel yang telah ditulis. Tanpa ada rasa percaya diri kita tidak akan bisa meraih keberhasilan. Salah satu hal yang menjadi penghalang kreativitas menulis artikel yaitu rasa pesimis, minder, dan takut kualitas karya tulis buruk atau tidak berkualitas.

Untuk itu, lawan rasa pesimis tersebut dengan rasa percaya diri. Tulis apa saja yang bisa ditulis, jangan pedulikan orang mau berkata apa. Dari pada mempunyai artikel berkualitas tetapi hasil duplikat dari karya orang lain, mending mempunyai artikel buruk tetapi hasil jerih payah sendiri. Ingat! Pembaca yang baik tidak akan pernah meremehkan karya tulis orang lain.

#6. Meminta Bantuan Orang Lain Untuk Memberi Tanggapan

Yang terakhir yaitu meminta proteksi orang lain bisa sobat terdekat atau keluarga di rumah untuk menilai hasil goresan pena kita. Dari jawaban mereka niscaya kita memperoleh ilmu gres sehingga bisa memperbaiki kesalahan penulisan, dan juga menerima saran-saran gres untuk membangkitkan semangat kita.

Demikian cara meningkatkan kreativitas menulis artikel untuk para penulis pemula yang bisa saya bagikan. Saya juga penulis pemula yang masih belajar, tentunya goresan pena di atas masih jauh dari kata artikel berkualitas. Oleh lantaran itu, saya akan berbesar hati untuk mendapatkan kritik dan saran dari pembaca, dan saya ucapkan banyak terima kasih kepada para pembaca yang mau memperlihatkan masukan kepada saya.

Ingat! Untuk akil menulis bukan berarti harus berpendidikan tinggi. Siapapun bisa menjadi penulis jago asalkan kita mempunyai tekad berpengaruh dan serius untuk terus berlatih, tidak peduli status pendidikan apalagi status ekonomi.

Baca Juga:
Inilah 2 Hal Yang Perlu Diperhatikan Oleh Penulis Blog Pemula

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dalil Lengkap Ihwal Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw

Inilah 5 Perbuatan Tegesa-Gesa Yang Menerima Pahala

Mengapa Langit Berwarna Biru Kok Tidak Ungu?