Inilah 5 Kriteria Artikel Yang Berkualitas Berdasarkan Ameliya

Ciri-ciri atau kriteria artikel berkualitas merupakan hal penting semoga diperhatikan baik kepada penulis maupun pembaca. Bagi penulis semoga bisa menawarkan informasi yang terang dan akurat serta bermanfaat, bagi pembaca semoga tidak tersesat atau resah menyerap informasi atau bahkan salah mengimplementasikan sehingga terjadi kesalahpahaman yang merugikan.

Artikel yaitu sederetan kata, kalimat, paragraf yang ditulis untuk menawarkan sebuah informasi kepada pembaca serta dilengkapi dengan banyak sekali komponen pendukung menyerupai gambar dan video guna memperlengkap isi informasi.

 merupakan hal penting semoga diperhatikan baik kepada penulis maupun pembaca Inilah 5 Kriteria Artikel yang Berkualitas Menurut Ameliya

Ada dua media yang dipakai untuk menyebarluaskan artikel, yaitu media cetak dan media elektronik. Media cetak (offline) diantaranya yaitu koran, majalah, tabloid, dan lain sebagainya. Sedangkan media elektronik (online) antara lain yaitu facebook, website, dan banyak sekali media umum lainnya.

Media elektronik sekarang semakin banyak dipakai mengingat fasilitas dalam penggunaannya, muali dari bawah umur hingga lanjut usia, berpendidikan tinggi maupun rendah, orang baik dan jahat, semua bisa mengaplikasikannya dipakai sebagai media memberikan informasi. Mereka bebas menulis apa saja baik untuk kepentingan langsung dan umun, kebaikan dan kehahatan, dan lain sebagainya.

Untuk itu mari kita pahami menyerupai apa artikel yang berkualitas semoga kita tidak asal menulis saat posisi kita sebaga informan, dan tidak salah menyerap isi artikel saat posisi kita sebagai pembaca.

Kriteria Artikel Berkualitas Menurut Ameliya


Tentu ini yaitu pendapat langsung saya sendiri mengingat nilai kualitas artikel niscaya setiap orang mempunyai pendapatnya masing-masing.

#1. Artikel SEO

Jika media yang dipakai untuk publikasi artikel yaitu internet maka yang menilai kualitas yaitu sebuah mesin. Mesin menilai sebuah artikel berkualitas apabila ada penerapan meningkatkan secara optimal SEO di dalamnya seperti, bidikan kata kunci sempurna sasaran, kepadatan kata kunci antara 1 % hingga 5 %, penempatan keyword pada judul, paragraf, deskripsi, tautan, klarifikasi panjang hingga beribu karakter. Semakin SEO artikel maka semakin berkualitas di mata mesin pencari sehingga bisa bertengger di halaman pertama serach engine.

#2. Pembahasan sesuai dengan tema yang dibahas

Sebagai insan tentu kita menilai kualitas sebuah artikel memakai logika pikiran dan perasaan. Apa jadinya jikalau kita menemukan sebuah judul yang awalnya kelihatan begitu menarik, ternyata sesudah membaca isinya tidak sesuai dengan yang terlintas dipikiran kita. Misalnya saja ada judul "Trik Jitu Mendapatkan Uang Seratus Juta dalam Semenit". Setelah dibaca ternyata bahasannya tidak semenarik judulnya, bahkan hanya menawarkan tips yang tidak masuk akal. Tentu menyerupai ini bukan bukan dinamakan artikel berkualitas.

#3. Adanya rujukan jelas

Bukan hanya karya ilmiyah saja yang harus disertai referensi, guna meyakinkan dan memantapkan hati pembaca maka selayaknya sebuah artikel ada referensinya. Terlebih apabila menyajikan informasi isu yang cukup kontroversial, kecuali jikalau artikel tersebut hanya sebuah opini / pendapat sendiri, cerita, atau artikel lain yang memang tidak membutuhkan referensi.

#4. Ditulis oleh informan bertanggungjawab

Maksudnya yaitu informasi yang kita baca di sajikan oleh informan yang andal dalam bidangnya. Selama saya menjadi seorang blogger dan aktif searching bacaan di internet, sering sekali saya menemukan artikel yang kayaknya ditulis hanya untuk menunjang popularitas blognya saja. Akibatnya saat ada problem seputar informasi yang ditulis oleh admin atau pemilik blog tersebut, kemudian ditanya oleh pembaca, risikonya tidak ada balasan sama sekali. Mungkinkah ia memang terlalu sibuk? sara rasa bukan itu alasannya.

#5. Memberikan manfaat kepada pembaca

Ini artinya penyajian artikel bisa menawarkan balasan atau solusi atas permasalahan yang di alami pembaca, menawarkan pengaruh postif untuk memecahkan masalah yang ada. Bukan artikel panjang lebar yang justru malah membingungkan pembaca.

Demikian pendapat tentang kriteria artikel berkualitas berdasarkan saya Siti Nur Ameliya dari Lamongan. Silahkan kalian beropini sendiri dikolom komentar. Jangan lupa sertakan nama lengkap dan alamat daerah tinggal semoga kita bisa saling kenal. :)

Baca juga:
Cara Membuat Artikel Yang Produktif Bagi Blogger Pemula

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dalil Lengkap Ihwal Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw

Inilah 5 Perbuatan Tegesa-Gesa Yang Menerima Pahala

Mengapa Langit Berwarna Biru Kok Tidak Ungu?