Panduan Cara Install Dua Windows Dalam Satu Pc

Dari judul di atas cara install dua windows dalam satu PC sanggup dipahami bahwa kita sanggup melaksanakan instalasi operasi sistem (OS) dalam hal ini windows hanya pada satu PC, baik itu laptop maupun komputer. Dengan demikian satu PC tersebut mempunyai dua operasi sistem windows, baik itu windows sama versi (windows 7 dengan windows 7) maupun berbeda versi (windows 8 dengan windows 10). Inilah yang kemudian sering kita kenal dengan dual booting, yakni ketika menghidupkan komputer kita dihadapkan dengan dua pilihan operasi sistem yang telah terinstal di laptop atau komputer kita.

Dari judul di atas cara install dua windows dalam satu PC sanggup dipahami bahwa kita sanggup m Panduan Cara Install Dua Windows Dalam Satu PC

Sebenarnya kita juga sanggup melaksanakan instalasi operasi sistem yang berbeda, artinya kita mempunyai sistem operasi berbeda dalam satu PC kita. Misalnya windows dengan linux, ini sanggup saja kita lakukan asalkan mekanisme langkah-langkah instalasinya benar.

Namun pada kesempatan kali ini, saya fokus menunjukkan tutorial atau panduan cara install windows 7 dan windows 8.1 pada PC. Panduan ini sanggup di bilang sangat gampang sanggup juga cukup susah. Praktis kalau sebelumnya kau sudah pernah install windows sendiri, susah kalau sebelumnya kau hanya menyuruh install windows di tukang servis.

Namun jangan khawatir, di sini saya akan berusaha menunjukkan panduan selengkap-lengkapnya. Makara kalau kau punya keberanian dan teliti dikala melaksanakan instalasi kau niscaya berhasil tanpa harus pergi ke tukang servis.

Langkah-langkah Cara Instal Dua Windows Dalam Satu PC


Supaya lebih gampang dipahami maka langkah-langkah tersebut saya bagi menjadi tiga tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap penyempurnaan. Silahkan baca dengan teliti biar tidak terjadi kesalahan dan kerusakan dikala instalasi windowsnya.

#1. Tahap Persiapan

Merupakan tahap apa saja yang harus dipersiapkan dan dibutuhkan. Ini menjadi syarat utama dan wajib dipenuhi

  1. Installer windows ; lantaran pada tutorial ini memakai OS windows 7 dan windows 8.1 maka installer yang dipersiapkan ialah kedua OS tersebut. Bisa memakai DVD installer ataupun menciptakan installer memakai flashdisk. Cara paling gampang menciptakan USB bootable ialah tinggal ekstrak file ISO windows memakai winrar ke flashdisk.
  2. Partisi hardisk ; lantaran kita akan mempunyai dua OS maka kita harus persiapkan daerah untuk OS tersebut. Makara kita perlu membagi partisi hardisk untuk windows 7 dan windows 8.1 biar tidak bentrok istilahnya. Silahkan menuju disk administrasi untuk membagi partisi hardisknya, 20 GB sudah lebih dari cukup, lebih dari itu malah lebih bagus.
  3. Cemilan ; yang satu ini hanya sebagai suplemen saja, lantaran waktu yang dibutuhkan dikala instalasi cukup lama, tergantung prosesor pada PC, dengan adanya cemilan dibutuhkan tidak bosan menunggu.

#2. Tahap Pelaksanaan

Jika semua sudah terpenuhi pada tahap persiapan di atas, langkah selanjutnya yakni pelaksanaan instalasi. Mohon dibaca dengan teliti setiap tahapnya biar tidak terjadi kesalahan.

  • Matikan PC kemudian masukkan installer windows
  • Hidupkan komputer kemudian masuk ke hidangan booting dengan cara menekan F2 atau tombol lain tergantung jenis PC, yang terperinci sebelum PC masuk ke OS-nya niscaya ada keterangan untuk masuk kemenu botting. Kemudian pastikan booting pertama ialah DVD atau USB yang dipakai sebagai installer windows. Setelah itu pilih exit dan secara otomatis PC akan booting ke installer.
  • Silahkan pilih bahasa dan waktu sesuai kebutuhan sehabis itu next. Kemudian ada dua pilihan untuk instalasi windowsnya. Apakah mau upgrade, ada di hidangan pilihan atas yang artinya memperbarui windows yang pernah terinstal. Atau pilih custom untuk menginstall windows baru. Silahkan pilih yang kedua sesuai gambar di bawah ini.
Dari judul di atas cara install dua windows dalam satu PC sanggup dipahami bahwa kita sanggup m Panduan Cara Install Dua Windows Dalam Satu PC
  • Inilah tahap paling penting dikala melaksanakan instal windows di PC, yakni menentukan partisi hardisk daerah dimana windows akan di instal. Karena kita berencana punya dua windows dan ini ialah proses instalasi pertama maka pilih partisi hardisk pertama yang sudah di bagi sebelumnya.
Dari judul di atas cara install dua windows dalam satu PC sanggup dipahami bahwa kita sanggup m Panduan Cara Install Dua Windows Dalam Satu PC
  • Tunggu proses selesai, biasanya proses akan berjalan selama 30 menit, jangan mencabut atau mengeluarkan installer sebelum proses simpulan dengan sempurna.
  • Setalah berhasil instal windows pertama, berikutnya yaitu install windows yang kedua. Ikuti langkah-langkah nomor 1 hingga 5.

Untuk proses instal windows kedua sesungguhnya kita juga sanggup pribadi install melaui driver windows nya tanpa harus booting ibarat langkah nomor 2. Yaitu dengan cara install setup.exe yang ada di folder sources. Terserah mana yang ingin kau pilih, yang terperinci sama saja proses instalasinya. yang membedakan hanya pada cara bootingnya saja. Dan ingat daerah partisi hardisknya, jangan hingga hardisk yang sudah terinstall di install kembali.

#3. Tahap Penyempurnaan

Yakni tahap untuk install driver PC dan software kebutuhan lainnya ibarat browser, office, dan lainnya. Karena kita sudah mempunyai dua windows pada PC kita maka lakukan hal tersebut pada keduanya.

Silahkan dicoba kalau ini menjadi kebutuhan kamu, kalau kurang paham atau ada permasalahan silahkan tanyakan di kolom komentar. Mohon maaf tidak sanggup menyertakan tutorial dual boot dengan gambar lengkap. Saya rasa klarifikasi di atas sudah cukup terperinci lantaran sebelum saya membagikan tutorial ini saya sudah melaksanakan sendiri dan berhasil dengan sukses tanpa ada permasalahan. Sekarang di laptop saya sudah ada dua windows, tinggal kau berani mencoba atau tidak. Saya yang hanya bermodal berani mencoba saja sekarang sanggup dual boot masak kau tidak bisa. hehe

Sebagai rujukan tambahan, kau juga sanggup membaca panduan install dua windows dalam satu PC melalui postingan berikut:
Cara Install Dua Windows Dalam Satu Komputer

Jangan takut rusak, selama permasalahan ada pada software kemungkinan gampang diperbaiki asalkan kerusakannya tidak parah. Tinggal install ulang operasi sistemnya sudah beres. Berbeda kalau permasalahan pada hardware, mau tidak mau harus ke tukang servis atau membeli gres suku cadangnya.

Baca Juga:
Pembagian Komponen Perangkat Lunak Komputer

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dalil Lengkap Ihwal Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw

Inilah 5 Perbuatan Tegesa-Gesa Yang Menerima Pahala

Mengapa Langit Berwarna Biru Kok Tidak Ungu?