Pembagian Komponen Perangkat Keras Komputer

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa komputer merupakan teknologi info dan komunikasi yang sangat berperan penting dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu pengenalan dan kemampuan mengoperasikan atau mengaplikasikan komputer sudah menjadi kebutuhan bukan lagi keharusan di jaman serba canggih ini.

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa komputer merupakan teknologi info dan komunikasi yan Pembagian Komponen Perangkat Keras Komputer

Di dalam komputer terdapat komponen atau bisa juga disebut perangkat yang wajib kita ketahui, yakni perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Kedua komponen ini merupakan hal paling fundamental untuk mengenal komputer.

Pada kesempatan ini kita akan lebih fokus untuk mengenal dan memahami macam-macam perangkat keras komputer saja. Dimana secara garis besar dibagi menjadi dua, yaitu komponen pokok dan komponen tambahan.

#1. Komponen Pokok Perangkat Keras Komputer


Merupakan bab yang sangat berperan penting dalam komputer, komponen ini tidak bisa dipisahkan dari komputer. Artinya apabila komponen pokok ini tidak terpasang atau terpenuhi didalam komputer maka sebuah komputer tidak bisa dioperasikan atau dijalankan bahkan belum bisa dinamakan komputer.

Tahukah kau apa saja yang termasuk dalam komponen pokok perangkat keras komputer? Mari kita pelajari dan pahami satu persatu.

1.1. Central Prosessing Unit (CPU)

Atau lebih sering dikenal dengan prosesor merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi untuk melaksanakan operasi atau melaksanakan perintah dari perangkat keras masukan (input), memori, maupun perangkat lunak komputer.

Sama halnya ibarat insan yang mempunyai otot untuk mengangkat beban atau melaksanakan acara lain dari perintah otak manusia, komputer pun mempunyai bab sama sebagai pelaksana perintah operasi komputer. Otot komputer dinamakan CPU / Central Prosessing Unit / Prosesor.

1.2. Random Acces Memory (RAM)

RAM merupakan memori utama daerah penyimpanan data sementara saat komputer dijalankan atau dioperasikan. Fungsi RAM yakni membaca dan menyimpan data sementara saat suatu aplikasi atau beberapa jadwal di dalam komputer dijalankan.

Sama ibarat insan yang mempunyai otak, komputer juga demikian. RAM yakni otak komputer, dimana RAM akan membaca, menerjemahkan, dan menawarkan perintah kepada otot (CPU) untuk segera dioperasikan.

1.3. Motherboard / Mainboard (papan Induk)

Motherboard bisa juga disebut mainboard atau papan induk merupakan papan elektornik untuk meletakkan banyak sekali macam komponen komputer ibarat prosesor, RAM/ Memori, dan komponen lain. Adapun fungsi motherboard antara lain yakni untuk mengorganisasi, mengatur, dan memilih alat yang terpasang pada komputer.

Manusia mempunyai raga sebagai daerah otak dan otot menempel pada diri manusia. Disebut raga pada insan maka disebut motherboard pada komputer. Di sinilah komponen-komponen penting komputer ditempatkan.

1.4. Harddisk (hard disk drive / HDD, hard drive, hard file)

Hardisk merupakan memori penyimpanan internal komputer yang bersifat tetap, artinya berbeda dengan RAM yang hanya bersifat menyimpan data sementara, hardisk menyimpan data yang tidak akan hilang meskipun komputer dimatikan. Fungsi hardisk diantaranya yakni untuk menyimpan beberapa file jadwal system dan aplikasi, serta menyimpan banyak sekali file data dokumen ibarat gambar, video, dan dokumen penting lainnya.

1.5. Video Grapichs Array (VGA)

VGA card merupakan bab komputer yang sangat berperan penting untuk menampilkan output prosesor ke monitor. Tanpa adanya VGA card, layar komputer tidak akan bisa menampilkan apa-apa. Makara VGA card ini berfungsi untuk mengubah dan menerjemahkan serta menampilkan apa yang kita inginkan dari komputer yang kita gunakan.

#2. Komponen Tambahan Perangkat Keras Komputer


Merupakan komponen pendukung yang bisa dipisahkan dari komputer, artinya apabila komponen pelengkap ini tidak terpasang di dalam komputer, masih bisa operasikan namun tidak maksimal dan masih bisa disebut komputer.

Komponen atau alat pendukung ini dibagi menjadi beberapa bab berdasarkan fungsinya yaitu perangkat masukan, keluaran, pengolah data, dan penyimpanan data.

2.1. Perangkat Masukan (Input Device)

Perangkat ini berfungsi untuk memasukkan data, baik itu berupa teks, video, gambar, audio ke dalam komputer. Alat yang termasuk dalam jenis perangkat masukan diantaranya yakni keyboard, mouse, scanner, web cam, digital pen, barcode reader, mikrofon, touchscreen.

2.2. Perangkat Keluaran (Output Device)

Merupakan perangkat keluaran hasil dari proses data atau program, dimana hasil pengeluaran tersebut sanggup kita baca pada layar monitor atau hasil cetakan, bisa berupa gambar, teks, tabel, video, audio, grafik, dan lain sebagainya. Yang termasuk dalam jenis alat perangkat output device antara lain monitor, printer, speaker, LCD proyektor.

2.3. Perangkat Pengolah Data (Prosesor)

Ada perangkat lain selain pengolah data internal yang diletakkan di dalam CPU, yakni perangkat pengolah data eksternal atau berada di luar CPU. Diantaranya sebagai berikut VGA PCI dan banyak sekali macam VGA lain, sound card, dan lain-lain.

2.4. Perangkat Penyimpanan Data (Memory)

Perangkat penyimpan data dipakai untuk menyimpan data dan jadwal dari komputer. Ada beberapa jenis perangkat penyimpan data pelengkap yang letaknya di luar komputer diantaranya sebagai berikut; disket, flasdisk, piringan optik, hardisk eksternal, memory card.

2.5. Perangkat Jaringan dan Internet

Yakni perangkat keras pelengkap (alat) yang diharapkan untuk membangun sebuah jaringan komputer semoga bisa mengakses internet. Adapun alat tersebut yakni saluran telepon, modem ADSL, LAN card, kabel UTP, HUB / switch, Wifi access point, dan lain sebagainya.

Demikian klarifikasi singkat wacana pembagian perangkat keras komputer. Dan jangan lupa juga pelajari wacana komponen perangkat lunak komputer. Dimana kedua klarifikasi tersebut merupakan pelajaran paling dasar untuk memahami dan lebih mengenal komputer. Paling tidak dengan klarifikasi di atas kita bisa membedakan dan menyebutkan mana yang termasuk perangkat keras sebagai komponen pokok dan mana yang sebagai komponen tambahan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dalil Lengkap Ihwal Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw

Inilah 5 Perbuatan Tegesa-Gesa Yang Menerima Pahala

Mengapa Langit Berwarna Biru Kok Tidak Ungu?