Pembagian Komponen Perangkat Lunak Komputer

Pernahkah kau mencermati suatu peralatan elektronik menyerupai smartphone dan komputer bisa berfungsi sesuai fungsinya masing-masing? Pernahkah kau membayangkan bagaimana kalau terdapat beberapa kerusakan pada alat elektronik tersebut sehingga tidak sanggup dipakai sebagaimana menstinya?

Dari kedua pertanyaan tersebut kalau kita amati dan berpikir lebih dalam lagi maka kita bisa mengambil citra bahwa suatu peralatan teknologi dalam hal ini komputer, dibagi menjadi tiga kepingan secara umum, yakni:
  1. Pertama ; kepingan perangkat keras yang bisa kita pegang dan bisa dilihat secara bentuk fisik, inilah yang disebut hardware.
  2. Kedua ; kepingan perangkat lunak yang tidak bisa kita pegang, namun bisa kita operasikan, inilah yang disebut software.
  3. Ketiga ; Pengguna yang memakai peralatan tersebut yaitu manusia.
Suatu perangkat keras komputer tidak bisa berfungsi dengan baik tanpa adanya perangkat lunak yang menjalankan, begitu pula sebaliknya. Meskipun keduanya sudah terpenuhi dengan baik tetap tidak bisa dipakai kalau tidak ada penggunanya, yakni kita sebagai manusia.

Pada kesempatan ini kita akan fokus untuk mengetahui dan memahami pembagian komponen perangkat lunak komputer. Sebab pembahasan perihal komponen perangkat keras komputer sudah kita bahas pada kesempatan sebelumnya.

Pernahkah kau mencermati suatu peralatan elektronik menyerupai smartphone dan komputer bisa  Pembagian Komponen Perangkat Lunak Komputer

Perangkat lunak yaitu suatu rangkaian kode atau perintah yang dibentuk dan dipasang pada perangkat keras, supaya perangkat keras tersebut bisa berjalan sebagaimana fungsinya. Pada komputer perangkat lunak sering dikenal dengan nama software, yakni suatu kegiatan atau aplikasi komputer yang memungkinkan sebuah komputer tersebut melaksanakan tugas-tugas tertentu.

#1. Klasifikasi Perangkat Lunak Komputer Berdasarkan Fungsi


Berdasarkan fungsinya perangkat lunak komputer terbagi menjadi dua golongan, yaitu perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi.

1.1. Perangkat Lunak Sistem

Perangkat lunak sistem yaitu software yang bekerjasama eksklusif dengan hardware (perangkat keras komputer), pemrograman, maupun perawatannya. Berikut yang termasuk macam-macam dalam perangkat lunak sistem:

1.1.1. Sistem Operasi ; merupakan perangkat lunak yang bertugas untuk mengontrol dan memanajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk juga menjalankan perangkat lunak aplikasi. Sebuah komputer tidak akan bisa menjalankan perangkat lunak kalau tidak mempunyai sistem operasi di dalamnya. Ada salah satu kiprah umum dari sistem operasi untuk mengatur user interface, yaitu bagaimana antara pengguna dan komputer bisa saling berinteraksi. Contoh sistem operasi antara lain microsoft windows, MAC OS, UNIX, LINUX, dan lain sebagainya.

1.1.2. Utilitas ; merupakan perangkat lunak yang berfungsi untuk menuntaskan suatu permasalahan atau kerusakan tertentu dalam sistem komputer. Makara dikala ada beberapa kerusakan pada sistem bisa diatasi memakai software utilitas. Seperti menciptakan atau menghapus keamanan suatu software sistem, memperbaiki file pada disk yang rusak, menguji kesejukan kinerja komputer, dan lain seterusnya. Contohnya yaitu disk cleanup, disk defragmenter, partition magic, anti virus, dll.

1.1.3. Bahasa Pemrograman ; merupakan hukum dan kode yang tertuangkan dalam bentuk kode-kode yang diberikan kepada komputer untuk melaksanakan suatu kiprah tertentu. Agar insan bisa menunjukkan kode yang bisa dimengerti dan diterjemahkan komputer maka harus memakai bahasa pemrograman tersebut. Adapun menurut levelnya bahasa pemrograman dibagi menjadi tiga yaitu rendah (low level languange), menengah (middle level languange), tinggi (high level languange).

1.2. Perangkat Lunak Aplikasi

Merupakan perangkat lunak yang dipergunakan untuk membantu pengguna dalam menuntaskan suatu pekerjaan dan membantu dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari. Berikut yang termasuk dalam pengelompokannya:

1.2.1. Aplikasi Pengolah Kata ; berfungsi untuk melaksanakan pengolah kata yaitu pekerjaan yang bekerjasama dengan penulisan naskah dan juga banyak sekali manajemen surat menyurat. Contohnya ; wordstar, word perfect, microsoft word, dll.

1.2.2. Aplikasi Pengolah Angka ; berfungsi untuk menuntaskan pekerjaan yang bekerjasama dengan angkat, menyerupai laporan keuangan, perhitungan, dan grafik. Contohnya ; microsoft excel, openoffice, calculator, dll.

1.2.3. Aplikasi Presentasi ; berfungsi untuk mengolah suatu data semoga siap dipresentasikan dalam suatu kebutuhan tertentu menyerupai seminar dan pembelajaran. Contohnya ; microsoft powerpoint, prezi, mindmanager, dll.

1.2.4. Aplikasi Pengolah Data ; atau database berfungsi untuk pengolahan data yang berupa angka ataupun adonan kata dan angka. Biasanya pergunakan untuk pembuatan aplikasi kecil guna menyimpan data yang lebih efektif dan efisien. Contohnya ; Microsoft Access, Fox Base, dBase, dll.

1.2.5. Aplikasi Multimedia ; berfungsi untuk memutar audio dan video guna mendengarkan musik maupun menonton filem, bisa juga dipakai untuk mengedit file berformat mp3, mp4, mkv, dan sejenisnya. Contohnya ; Gom Player, Winamp Player, Video Studio, dll.

1.2.6. Aplikasi Pengolah Gambar ; berfungsi untuk edit gambar yang biasanya banyak dipakai oleh desainer guna mempercantik dan memperindah hasil desainnya. Contoh yang paling tidak absurd lagi yakni Adobe Photoshop dan Corel Draw.

1.2.7. Aplikasi Permainan ; merupakan suatu aplikasi khusus yang dibentuk sebagai permainan (game) dengan tingkat kesulitan tertentu. Saya rasa semua niscaya sudah tahu akan aplikasi permainan ini alasannya banyak bisa kita temukan baik offline maupun online. Bisa termasuk aplikasi edukatif asalkan tidak salah dalam penggunaannya.

1.2.8. Aplikasi Komunikasi dan Internet ; berfungsi untuk melaksanakan komunikasi antar komputer yaitu antara dua komputer atau lebih, dimana sesama komputer bisa saling terhubung meskipun tidak dalam satu lokasi. Aplikasi internet yang paling umum dipakai yaitu email, browsing, dan chatting.

#2. Klasifikasi Perangkat Lunak Komputer Berdasarkan Tipe


Berdasarkan tipenya, perangkat lunak dibagi menjadi beberapa jenis diantaranya yaitu sebagai berikut:

2.1. Perangkat Lunak Hak Cipta ; Merupakan aplikasi atau software yang dilindungi oleh hak cipta, ini berarti semua orang tidak bisa bebas menggunakannya. Adapun kalau ingin ikut memakai maka harus membayar untuk membeli lisensinya. Dengan membayar lisensi maka kita menerima izin bebas memakai dengan tetap mengikuti kebijakan yang telah ditentukan oleh pembuat perangkat lunak tersebut. Contohnya ; perangkat lunak yang dikembangkan oleh perusahaan microsoft diantaranya windows dan office yang setiap hari kita gunakan.

2.2. Perangkat Lunak Bebas Hak Cipta (Freeware) ; merupakan kebalikan dari klarifikasi di atas, artinya semua orang diberikan kebebasan memakai tanpa membeli lisensi. Tujuan pembuatan freeware ini yaitu supaya setiap pengguna bisa mencicipi keuntungannya dan berbagi talenta serta minat di bidang penggunanya masing-masing. Contohnya ; Linux, Debian, Ubuntu, dll.

2.3. Open Sources ; merupakan perangkat lunak terbuka yang dikembangkan oleh kelompok tertentu, mereka saling bertukar pengalaman guna gotong royong ikut mengembangkan, bebas untuk dipakai dan disebarluaskan. Perbedaan antara Open source dengan bebas hak cipta yaitu terletak pada hukum dan sopan santun yang telah ditetapkan. Open Source mempunyai kaidah dan sopan santun yang wajib dipatuhi sedangkan freeware tidak demikian.

Demikian klarifikasi singkat perihal pembagian komponen perangkat lunak komputer. Sebenarnya klarifikasi di atas merupakan rangkuman dari pelajaran TIK kelas 7 SMP/MTs. Saya rangkum supaya lebih gampang dipahami dan bisa dibaca semua orang tanpa membeli buku terlebih dahulu. Untuk memahami pembagian perangkat kerasnya bisa di baca dihalaman sebelumnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dalil Lengkap Ihwal Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw

Inilah 5 Perbuatan Tegesa-Gesa Yang Menerima Pahala

Mengapa Langit Berwarna Biru Kok Tidak Ungu?