Penyebab Malas Ngeblog Dan Solusi Sederhana Untuk Mengatasinya

Aktivitas blogging memang bisa dibilang cukup menyenangkan, terutama bagi para blogger pemula alasannya yakni memang lagi semangat-semangatnya mempunyai blog. Namun ada suatu waktu kegiatan ini menjadi sangat membosankan. Maka dari itu ketahuilah apa saja penyebab malas ngeblog supaya kita bisa mengantisipasinya dan tetap semangat ngeblog.

Aktivitas blogging memang bisa dibilang cukup menyenangkan Penyebab Malas Ngeblog dan Solusi Sederhana untuk Mengatasinya

Pada kesempatan sebelumnya saya telah membahas kenikmatan mempunyai blog sendiri, diantaranya yakni menerima kenalan gres dari banyak sekali penjuru dunia, memperoleh ilmu dan pengalaman baru, dan mempunyai ladang amal ibadah yang akan terus mengalir walau kita telah tiada. Silahkan baca selengkapnya pada halaman sebelumnya kalau berkenan.

Faktor / Penyebab Malas Ngeblog dan Solusi Sederhana Untuk Mengatasinya


Nah untuk kesempatan kali ini saya akan menyebarkan coretan ihwal penyebab malas ngeblog yang mungkin akan kau rasakan beberapa bulan atau beberapa tahun kemudian. Seperti biasa artikel ini bukan hasil penelitian, tetapi menurut pengalaman pribadi, jadi kemungkinan kebenarannya belum bisa dijadikan referensi, hehe.

1. Tidak ada pengunjung

Pengunjung blog sepi, tidak ada peningkatan visitor, atau bahkan tidak ada jawaban (komentar) sama sekali yang singgah di blog kesayangan kita. Bisa jadi ini yakni penyebab utama blogger mulai malas ngeblog. Bagaimana tidak, sudah kelelahan menulis hingga suntuk memikirkan meningkatkan secara optimal SEO tetapi hasilnya sangat mengecewakan.

Solusi ; jangan terlalu sering melihat analytics, statistik, dan beberapa tool lain untuk melihat kemudian lintas pengunjung. Cek secara terencana saja, dua ahad satu kali atau sebulan sekali.

2. Merasa ngeblog tidak ada manfaatnya

Di sisi lain melihat visitor blog tidak ada peningkatan sama sekali, pastilah timbul rasa psimis yakni merasa apa yang dilakukan hanya percuma / tidak ada gunanya. Padahal kalau dipikir jauh lebih dalam lagi, manfaat ngeblog bukan hanya untuk orang lain tetapi juga mempunyai kegunaan bagi diri sendiri.

Solusi ; anggaplah ngeblog bagaikan amal shadaqah dimana tangan kiri seolah-olah tidak mengetahui apa yang dilakukan tangan kanan, dengan begini maka ngeblog kita menjadi lebih tulus dan ikhlas.

3. Jauh dari cita-cita yang ditargetkan

Kebanyakan orang ngeblog bertujuan untuk memperoleh penghasilan yang memuaskan, baik dengan menjual produk dan jasa sendiri maupun menjadi publisher adsense. Tidak semua hal bisa berjalan dengan mulus, salah satunya yakni sasaran tersebut tidak bisa diraihnya, kesannya rasa malas pun muncul atau bahkan ingin pribadi berhenti ngeblog kala itu.

Solusi ; ingat kembali usaha pertama kali mengisi blog, mulai dari membeli domain, menentukan template, menentukan niche blog, hingga menulis artikel. Tentu usaha ini tidak pantas untuk dilupakan.

4. Banyak kegiatan offline

Banyaknya kesibukan diluar blogging juga merupakan faktor atau penyebab malas ngeblog yang tidak bisa dipungkiri lagi. Misalnya tanggung jawab sebagai seorang istri diwajibkan melayani kebutuhan rumah tangga ditambah lagi merawat anak yang masih kecil, sebagai suami sibuk kerja siang dan malam, sebagai anak wajib belajar, dan lain sebagainya. Tentu kegiatan menyerupai ini menyita banyak waktu dan mengurangi kesempatan untuk fokus merawat blog.

Solusi ; buat agenda secara terencana se-efektif mungkin, gunakan waktu libur, tanamkan pada diri bahwa ngeblog bisa meningkatkan kedisiplinan waktu.

5. Terlalu sukses menjadi blogger

Masak ada sih orang sudah sukses ngeblog malah malas ngeblog? Tentu ada dan kemungkinan besar niscaya ada. Kita tahu bahwa insan niscaya mempunyai rasa malas, bisa jadi sesudah kejayaan yang dirasakan, mentang-mentang sudah enak, terlalu yakin kesuksesan akan selalu bertahan, kesannya lupa tidak update sama sekali. Jika ini dibiarkan maka untuk memulai kembali maka serasa mulai dari nol lagi.

Solusi ; sadar diri saja, bahwa kesuksesan tidak selamanya bertahan, apalagi ada sifat takabur, sombong, tinggi hati, dll.

Artikel penyebab malas ngeblog ini dibentuk dengan tujuan memotivasi para blogger, baik pribadi saya sendiri maupun teman-teman blogger yang sempat membaca. Semoga tetap semangat ngeblog, semangat berkarya, dan segera mencapai targetnya masing-masing.

Baca juga:
Kenikmatan Memiliki Blog Sendiri Selain Mendapatkan Uang

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dalil Lengkap Ihwal Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw

Inilah 5 Perbuatan Tegesa-Gesa Yang Menerima Pahala

Mengapa Langit Berwarna Biru Kok Tidak Ungu?