Apa Sih Perbedaan Snmptn Dan Sbmptn?

Perbedaan SNMPTN dan SBMPTN - Halo adik-adik yang berbahagia, kali ini abang ingin menyebarkan info khusus untuk kalian siswa-siswi yang ingin kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) impian. Kakak akan mencoba memahami apa yang ingin kalian pahami, terutama mengenal perbedaan SNMPTN dan SBMPTN, serta kelebihan dan kekurangan dari keduanya.

Bagi adik-adik yang ingin melanjutkan pendidikan dan kuliah ke perguruan tinggi negeri, maka kalian wajib tahu istilah SNMPTN dan SBMPTN. Mengapa demikian? Sebab kedua istilah tersebut merupakan jalur resmi yang dilakukan oleh Perguruan Tinggi Negeri untuk menyeleksi para calon mahasiswa-mahasiswi di Perguruan Tinggi Negeri tersebut.

Makara untuk masuk ke perguruan tinggi negeri ada dua jalur seleksi yang sanggup kalian ikuti, yaitu SNMPTN dan SBMPTN. Sangat penting untuk memahami perbedaan keduanya supaya kalian sanggup mengatur dan menentukan seni administrasi apa yang harus kalian tempuh supaya berhasil duduk di singgasana Perguruan Tinggi Negeri impian kalian.

Baca juga:

Lalu Apa sih Bedanya SNMPTN dan SBMPTN?


 kali ini abang ingin menyebarkan info khusus untuk kalian siswa Apa Sih Perbedaan SNMPTN dan SBMPTN?

Itu kak rambutnya yang berbeda (hehe). Gambar di atas cuma ilustrasi saja dek, jangan perhatikan rambutnya tetapi perhatikan perbedaan hurufnya. Meskipun hanya berbeda satu abjad saja, namun keduanya mempunyai perbedaan yang cukup subtansial. Nah, untuk memahami apa saja perbedaan SNMPTN dan SBMPTN silahkan perhatikan tabel berikut:
No PERBEDAAN SNMPTN SBMPTN
1 Singkatan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri
2 Jadwal registrasi dan seleksi Sebelum Ujian Nasional (sekitar bulan Januari-April) Setelah Ujian Nasional (sekitar bulan Mei-Juni)
3 Sistem seleksi Rekam jejak prestasi akademik dan non akademik Tes/Ujian tertulis dan keterampilan
4 Variabel penilaian Nilai rapor, nilai UN, indeks sekolah, piagam / akta penghargaan, jejak alumni, dll Nilai dari hasil tes / ujian seleksi
5 Biaya pendaftaran Gratis Berbayar
6 Peluang dan kuota Kuota lebih banyak dan peluang masuk lebih tinggi Kuota lebih sedikit dan peluang masuk lebih rendah
7 Calon penerima Hanya siswa yang masih aktif sekolah Alumni sekolah boleh ikut
Dari keterangan tabel di atas sanggup kita simpulkan ada 7 perbedaan antara SNMPTN dan SBMPTN. Sampai di sini kalian niscaya sudah sanggup memahami perbedaan keduanya. Namun supaya lebih terperinci lagi, mari kita uraikan klarifikasi dari masing-masing 7 perbedaan tersebut di atas:

Singkatan

Banyak teman-teman yang beranggapan bahwa SNMPTN dan SBMPTN itu sama. Padahal dari kepanjangannya saja sudah berbeda. SNMPTN ialah kepanjangan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Sedangkan SBMPTN ialah kepanjangan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri.

Jadwal Pendaftaran dan Seleksi

Jadwal registrasi dan seleksi untuk SNMPTN biasanya dimulai lebih awal, yakni sebelum pelaksanaan Ujian Nasional berlangsung, jadi walaupun belum sanggup nilai UN kalian sudah sanggup mulai daftar. Sedangkan jadwal registrasi dan seleksi untuk SNMPTN biasanya dibuka lebih akhir, yakni setelah Ujian Nasional sekitar bulan Mei hingga Juni.

Sistem Seleksi

Mekanisme masuk SNMPTN merekam jejak prestasi akademik dan non akademik sebagai bentuk evaluasi seleksi, hal ini yang mengakibatkan jadwal dibuka lebih awal dan prosesnya lebih panjang lantaran panitia penyelenggara harus mengumpulkan dan menilai hasil prestasi kalian. Sedangkan prosedur SBMPTN yakni melakukan tes / ujian tertulis dan keterampilan sebagai bentuk evaluasi seleksi, tes tersebut akan dilaksanakan secara serentak bersama di lokasi yang telah ditentukan oleh panitia penyelenggara.

Variabel Penilaian

Kemudian variabel evaluasi SNMPTN ialah menurut hasil nilai akademik (seperti nilai rapor selama 5 atau 7 semester, nilai UN, dan mutu pendidikan sekolah) dan prestasi non akademik (seperti akta atau piagam penghargaan dan prestasi yang pernah diraih selama sekolah), jadi semua evaluasi mengacu pada komponen apa yang sudah kalian raih selama di sekolah. Sedangkan variabel evaluasi SBMPTN ialah menurut nilai hasil tes / ujian yang telah diselenggarakan oleh panitia PTN, jadi yang diperhitungkan ialah hasil nilai dari soal yang kalian kerjakan, bukan prestasi selama di sekolah.

Biaya Pendaftaran

Dari segi biaya registrasi keduanya juga mempunyai perbedaan. Untuk SNMPTN kalian tidak dipungut biaya alias gratis, dan pada umumnya proses registrasi telah dikoordinasikan antara pihak Perguruan Tinggi Negeri dengan pihak sekolah, tentu saja kalian lebih gampang mengurusnya. Sedangkan untuk SBMPTN kita harus mengeluarkan biaya registrasi sendiri yang besarnya mengikuti masing-masing PTN, selain itu kalian juga harus mengurus proses registrasi sendiri ke Perguruan Tinggi Negeri yang kalian impikan.

Peluang dan Kuota

Ternyata kuota dan peluang diterima juga berbeda. Peluang diterima melalui jalur SNMPTN umumnya lebih tinggi lantaran kuota yang disediakan oleh Perguruan Tinggi Negeri lebih besar yakni antara 40% samapi 50%, selain itu yang menjadi pertimbangan ialah nilai prestasi yang tidak sembarang orang sanggup meraihnya. Sedangkan peluang diterima melalui jalur SBMPTN lebih rendah, hal ini disebabkan kuota yang disediakan oleh Perguruan Tinggi Negeri lebih rendah yaitu berkisar 30% saja, dan diikuti  secara umum oleh siapa saja termasuk alumni baik yang berprestasi maupun tidak.

Calon Peserta

Terakhir siapa saja yang boleh ikut SNMPTN dan SBMPTN? Untuk SNMPTN, yang boleh ikut ialah hanya siswa-siswi yang masih aktif duduk di dingklik kelas XII SMA/SMK, alumni lulusan sekolah dihentikan ikut. Sedangkan untuk SBMPTN, dibuka secara umum dan boleh diikuti oleh siapa saja termasuk alumni lulusan sekolah dengan batas maksimal 3 tahun lulus.

Berdasarkan 7 uraian perbedaan SNMPTN dan SBMPTN di atas sanggup kita tarik kesimpulan yang lebih spesifik lagi. Sehingga menjadi sebuah pengertian secara umum menyerupai berikut:

SNMPTN ialah bentuk seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri secara nasional yang dilaksanakan menurut hasil penelusuran prestasi akademik dan non akademik pada siswa-siswi yang masih aktif mencar ilmu di sekolah.

SBMPTN ialah bentuk seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri secara bersama yang dilaksanakan menurut hasil ujian tes tertulis dan tes keterampilan pada calon mahasiswa secara umum (baik masih sekolah dan alumni lulusan).

Itulah bedanya SNMPTN dan SBMPTN. Setelah mengerti perbedaannya, kelebihan dan kekurangan keduanya, kini tinggal kalian yang menentukan seni administrasi mana yang ingin kalian gunakan untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri impian. Siapkan diri kalian mulai kini dan terus pantau info terbaru ihwal SNMPTN dan SBMPTN.

Di mana kak saya sanggup mengikuti kabar terbaru dan terupdate nya? Silahkan ikuti Instagram infomasukptn dan saluran website http://masukptn.id/ . Web MASUKPTNID merupakan situs yang dikelola dan dikembangkan oleh kakak-kakak alumni OSIS Indonesia (AOI) yang sangat berpengalaman. Mereka dengan tulus dan nrimo membantu mewujudkan mimpi penerus bangsa.

Sekian dari kakak, mohon maaf kalau ada salah kata. Semoga proses masuk kuliah kalian lancar, mudah, dan aman. Semoga mimpi dan harapan kalian terwujud sehingga menjadi insan yang cerdas dan berkhasiat bagi nusa dan bangsa. Amin.....

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dalil Lengkap Ihwal Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw

Inilah 5 Perbuatan Tegesa-Gesa Yang Menerima Pahala

Mengapa Langit Berwarna Biru Kok Tidak Ungu?