Cara Mengatasi Eror Javascript Upload File Dz/Ez Di Bio Un Sma/Ma

Mengatasi Eror You have a problem with your javascript di Bio UN SMA/MA - Tinggal beberapa bulan saja pelaksanaan Ujian Nasional tahun 2017/2018 akan segera berlangsung. Sebelum itu, ada beberapa kiprah yang harus dikerjakan oleh operator sekolah, diantaranya ialah pendataan calon penerima UN di banyak sekali situs resmi kementrian pendidikan dan kebudayaan.

Jaman now memang semakin canggih, segala urusan pendataan pendidikan sekarang serba online, semuanya di data dan di sinkronkan pada aplikasi atau website, termasuk registrasi calon penerima UN tahun 2017/2018. Ada beberapa aplikasi yang benar-benar harus diperhatikan oleh OPS selaku operator sekolah di masing-masing satuan pendidikan. Sebab aplikasi tersebut saling terkait dan juga sebagai verifikasi dan validasi calon penerima UN.

Aplikasi yang dimaksud antara lain ialah aplikasi dapodik, web vervalpd, web administrasi PDUN, dan web Bio UN. Adapun fungsi dari masing-masing aplikasi dan web tersebut telah dijelaskan pada halaman sebelumnya. Jika teman-teman belum begitu memahami silahkan baca halaman berikut.

Baca disini

Masalah Upload File DZ/EZ di Bio UN SMA/MA


Pada halaman ini kita akan membahas permasalahan yang paling umum terjadi, permasalahan yang kerap di alami oleh kawan-kawan OPS dikala ingin mengupload file DZ / EZ di laman Bio UN SMA/MA. Begitu banyak yang bertanya bagaimana cara mengatasi upload file DZ di Bio UN yang muncul "You have a problem with your javascript". Eror ini terlihat sebagaimana gambar berikut:

You have a problem with your javascript di Bio UN Sekolah Menengan Atas Cara Mengatasi Eror Javascript Upload File DZ/EZ di Bio UN SMA/MA

Pada umumnya permasalahan tersebut disebabkan lantaran browser yang kita gunakan mengalami dilema dengan javascript yang tidak dapat di fungsikan secara baik. Oleh lantaran itu, kita harus mengaktifkan javascript di web browser yang kita gunakan, dalam panduan ini memakai chrome browser.

Secara default javascript di setiap browser memang sudah aktif. Untuk mengetahui javascript sudah aktif atau tidak di chrome browser kita dapat melihatnya melalui hidangan setelan - lanjutan - setelan konten - javascript. Seperti gambar di bawah ini javascript telah di izinkan / allowed, itu artinya sudah aktif.


You have a problem with your javascript di Bio UN Sekolah Menengan Atas Cara Mengatasi Eror Javascript Upload File DZ/EZ di Bio UN SMA/MA

Namun pada kenyataannya javascript di chrome browser sudah aktif sebagaimana terlihat pada gambar di atas, tetapi di laman bio un SMA/MA masih tetap saja muncul eror You have a problem with your javascript. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Nah, menurut pengalaman, berikut langkah-langkah mengatasi "you have a problem with your javascript" di Bio UN SMA/MA yang dapat pribadi teman-teman lakukan dengan mudah:

  1. Jika di laptop belum terinstall adobe flash palayer, silahkan install / update flash player terbaru dengan link https://get.adobe.com/flashplayer/
  2. Login ke Bio UN SMA/MA memakai google chrome. Setelah berhasil login maka akan terlihat Secure di kiri address bar. Kemudian rubah pengaturan menjadi Javascript : Allow /Use global defalult (Allow) dan Flash : Allow / Always allow on this site. Lihat gambar di bawah ini.
    You have a problem with your javascript di Bio UN Sekolah Menengan Atas Cara Mengatasi Eror Javascript Upload File DZ/EZ di Bio UN SMA/MA
  3. Selanjutnya refresh halaman memakai F5 dan bila masih gagal refresh lagi memakai CTRL+F5. Lanjutkan klik Data Siswa kemudian klik Database > Upload DZ & emis (*.dz, *.emis) dan semestinya sudah muncul fitur Pilih File *.dz *.ez . Lihat gambar di bawah.
    You have a problem with your javascript di Bio UN Sekolah Menengan Atas Cara Mengatasi Eror Javascript Upload File DZ/EZ di Bio UN SMA/MA

Setelah berhasil dan terlihat menyerupai gambar nomor 3 maka kita sudah dapat mengirim / upload file .dz .ez hasil download dari laman administrasi PDUN. Ternyata gampang sekali ya kawan-kawan, gampang kalau memang sudah mengerti. hehe

Demikian cara mengatasi eror you have a problem with your javascript di laman bio un SMA/MA. Semoga dapat membantu teman-teman OPS di sana. Mohon maaf bila ada kesalahan dan selamat kembali bekerja.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dalil Lengkap Ihwal Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw

Inilah 5 Perbuatan Tegesa-Gesa Yang Menerima Pahala

Mengapa Langit Berwarna Biru Kok Tidak Ungu?