Berapa Jumlah Responden Pengisian Pmp Di Tahun 2017?

Jumlah responden pengisian kuesioner PMP 2017 - Sahabat operator sekolah yang berbahagia. Harus kita akui bahwa beban kiprah kita sebagai operator sekolah memang cukup berat. Selain bertugas sebagai operator dapodik kita juga bertugas dalam menuntaskan pengisian data pada aplikasi PMP / Pemetaan Mutu Pendidikan.

Aplikasi PMP dari tahun ke tahun terus mengalami perbaikan dan pembaruan. Tidak heran kalau setiap tahun aplikasi PMP selalu update dan merilis aplikasi terbarunya. Bahkan di tahun 2017 ini aplikasi PMP sudah update sebanyak 2 kali yakni PMP versi 2.0 (sebelumnya) dan PMP versi 2.1 (terbaru).

Setiap rilis aplikasi PMP tentunya kita sebagai operator diharapkan untuk segera update aplikasi PMP tersebut ke versi terbarunya. Mengapa demikian? Pembaruan aplikasi dilakukan guna memperbaiki kekurangan-kekurangan pada versi sebelumnya dan juga menambah hal-hal yang memang dibutuhkan pada tahun 2017 ini. Tentang apa saja daftar pembarua aplikasi PMP versi 2.0 ke 2.1 dapat sobat lihat di website resminya http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id/perangkat/aplikasi

Nah, bagaimana dengan sobat operator di sana? Apakah sudah melaksanakan update aplikasi PMP terbaru? Jika sudah ya Alhamdulillah, kalau belum dan sobat kurang paham bagaimana cara update aplikasi PMP silahkan simak penjelasannya pada postingan berikut:
🔗 Cara Benar Update Aplikasi PMP Versi 2.0 Ke Versi 2.1

Berapa Banyak Responden Yang Harus Mengisi Kuesioner PMP Versi 2.1?


Seperti yang telah disinggung di atas, bahwa aplikasi PMP dari tahun ke tahun selalu mengalami pembaruan. Selain memperbaiki fitur di dalamnya, PMP juga menerapkan hukum dan ketentuan yang berbeda dari tahun sebelumnya. Dalam hal ini yaitu jumlah responden yang harus mengisi kuesioner.

Apa itu responden dan apa itu kuesioner?

Secara sederhana responden yang dimaksud pada PMP yaitu siapa saja yang terlibat dalam pemetaan mutu pendidikan. Sedangkan kuesioner yaitu intrumen berupa pertanyaan-pertanyaan perihal pemetaan mutu pendidikan yang harus di isi oleh responden.

Jumlah responden pengisian kuesioner PMP  Berapa Jumlah Responden Pengisian PMP di Tahun 2017?

Lalu berapa jumlah responden yang terlibat dalam pengisian PMP?
  1. Kepala sekolah
  2. Perwakilan guru, dengan ketentuan sebagai berikut: a) minimal 1 guru per tingkat kelas untuk SD. b) minimum 1 guru pendidikan agama serta pendidikan jasmani dan kesehatan pada SD. c) minimal 1 guru per mata pelajaran untuk SMP/SMA/SMK. d) total perwakilan guru minimal 8 - 10 guru
  3. Perwakilan siswa, dengan ketentuan sebagai berikut: a) minimal 5 siswa per tingkat kelas (siswa SD hanya untuk kelas 4 – 6). b) total perwakilan siswa minimal 15 siswa tiap sekolah.
  4. Perwakilan komite sekolah, dengan ketentuan sebagai berikut: a) minimal 1 orang perwakilan pimpinan komite b) minimal 2 orang perwakilan orangtua siswa
  5. Perwakilan pengawas yang merupakan pengawas pembina/manajerial.

Sebenarnya semua ketentuan di atas sudah lengkap dijelaskan pada Perangkat Instrumen Pemetaan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah yang dapat sobat download eksklusif dari website resmi PMP.

Bagaiamana cara melihat jumlah minimal responden yang harus mengisi kuesioner AMP?

Atau kalau sobat tidak ingin repot-repot membaca, sobat dapat eksklusif mengetahuinya melalui sajian kirim data yang ada di aplikasi PMP. Menu kirim data PMP merupakan sajian yang dipakai untuk mengirim isian data PMP ke pusat. Pada sajian kirim data tersebutlah kita dapat mengetahui jumlah minimal responden dari masing-masing perwakilan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dalil Lengkap Ihwal Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw

Inilah 5 Perbuatan Tegesa-Gesa Yang Menerima Pahala

Mengapa Langit Berwarna Biru Kok Tidak Ungu?