Cara Benar Update Aplikasi Pmp Versi 2.0 Ke Versi 2.1

Halo sahabat operator sekolah yang berbahagia. Apakabar hari ini? Tentunya baik-baik saja dan tetap semangat kan? Terutama bagi OPS yang masih bujang nih, jangan gegana ya dengan kiprah kita sebagai Operator di masing-masing sekolah. Walaupun tigas kita sangat banyak kita harus tetap semangat menjalankan tanggungjawab.

Tugas operator sekolah memang sangat berat. Baru pendataan di dapodik saja sudah sangat menguras waktu, tenaga, dan pikiran. Apalagi ditambah pendataan di PMP. Sudah berat malah dibebani. Hehe.. Tetapi semua itu tidak akan terasa kalau kita jalani dengan nrimo dan santai.

Halo sahabat operator sekolah yang berbahagia Cara Benar Update Aplikasi PMP Versi 2.0 Ke Versi 2.1

Oke kembali ke topik bahasan. Kali ini saya akan mengembangkan pengalaman wacana cara update aplikasi PMP versi 2.0 ke versi 2.1 yang gres rilis kemarin tanggal 13 September 2017.

Seperti halnya pengalaman saya yang gres saja menginstal aplikasi PPM versi 2.0 yang saya peroleh dari softcopy CD hasil sosialisasi dinas. Pada 2 hari lalu saya baca dan lihat-lihat di web http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id ternyata sudah ada update aplikasi PMP versi 2.1 terbaru.

Karena adanya aplikasi PMP terbaru, sudah barang tentu ada beberapa perbaikan dari aplikasi PMP 2.0 versi sebelumnya. Hal ini tentunya mengharuskan kita para operator untuk segera update aplikasi PMP versi 2.0 ke 2.1 untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang tidak diinginkan. Masak sudah ada yang gres masih pake yang lama.. hehe

Lalu bagaimana cara update aplikasi PMP yang benar?


Sebenarnya cara update aplikasi PMP versi 2.0 ke versi 2.1 sudah banyak yang menjelaskan, baik di blog maupun di youtube. Dan juga tentunya bagi para operator usang hal menyerupai ini sangat gampang bagi mereka. Namun bagi operator gres niscaya sangat membutuhkan klarifikasi tetang bagaimana cara update aplikasi PMP yang benar.

Halo sahabat operator sekolah yang berbahagia Cara Benar Update Aplikasi PMP Versi 2.0 Ke Versi 2.1

Ada 2 cara yang dapat kita lakukan untuk update aplikasi PMP dari versi 2.0 ke versi 2.1

Pertama, yakni dengan menginstal intaller yang telah disediakan oleh web http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id . Ini artinya kita harus menghapus terlebih dahulu aplikasi PMP versi 2.0 yang sudah terpasang laptop kita. Kemudian mengunduh aplikasi PMP versi 2.1 dan lalu menginstalnya menyerupai biasa. Saya yakin semua sudah dapat menginstal kan,, hehe

Kedua, yakni dengan menginstal updater aplikasi PMP versi 2.1 yang juga sudah disediakan oleh web http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id . Ini artinya kita tidak perlu menghapus aplikasi PMP sebelumnya dan hanya perlu menginstal updater aplikasi PMP versi 2.1.Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengupdate aplikasi PMP versi 2.1 kalau memakai updaternya.

Berikut langkah-langkah update aplikasi PMP dengan Updater Aplikasi PMP versi 2.1
  1. Silahkan unduh installernya di http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id
  2. Tutup aplikasi PMP versi 2.0 yang sudah terpasang sebelumnya
  3. Install Updater Aplikasi PMP versi 2.1 sesuai langkah yang ada
  4. Jika proses instalasi sudah selesai, silahkan buka aplikasi PMPnya
  5. Lihat pada beranda aplikasi PMP, apakah sudah dalam versi terbaru atau lama
  6. Jika masih versi usang (2.0) maka langkah selanjutnya yakni merefresh halaman dengan memakai CTRL + F5 secara bersama
  7. Selesai dan selamat bertugas.

Demikian wacana cara uptade aplikasi PMP versi 2.0 ke versi 2.1 yang dapat saya bagikan. Ini yakni berdasarkan pengalaman saya sendiri sebagai operator sekolah baru. Jika masih ada duduk perkara dalam penginstalan mari kita sharing bersama. Sebab saya juga masih tergolong operator gres dan masih sangat butuh masukan dari teman-teman OPS lainnya.

Terimakasih sudah berkunjung dan selamat bertugas., :)

Bagi sahabat operator yang sudah final mengerjakan isian data kuesioner PMP, jangan lupa backup data dulu ya. Backup data PMP sangat kita butuhkan kalau ada kerusakan yang tidak kita inginkan. Untuk lebih jelasnya silahkan simak pada postingan berikut:
🔗 Mengapa Kita Harus Backup Data Aplikasi PMP?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dalil Lengkap Ihwal Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw

Inilah 5 Perbuatan Tegesa-Gesa Yang Menerima Pahala

Mengapa Langit Berwarna Biru Kok Tidak Ungu?