Ini Jadwal Ujian Nasional (Un/Unbk) Tahun 2018 Yang Sebenarnya

Rencana penetapan kegiatan ujian nasional tahun 2018 - Sahabat pembaca yang berbahagia dimanapun anda berada. Akhir-akhir ini telah beredar informasi terkait perihal kegiatan Ujian Nasional tahun pelajaran 2017/2018 yang masih belum terperinci kepastiannya. Informasi tersebut telah tersebar luas terutama melalui media umum tanpa sumber yang terperinci dan akurat. Itulah sebabnya mengapa kita galau kapan sebetulnya Ujian Nasional di tahun 2018 akan berlangsung.

Sahabat pembaca, tentu kita tahu bahwa pelaksanaan ujian nasional tahun 2018 masih menjadi pembahasan yang rumit. Baik itu perihal bentuk soal, apakah soal UN di tahun 2018 ini masih tetap berupa pilihan ganda saja atau ditambah dengan soal essay/uraian. Kemudian perihal teknis pelaksanaan, apakah semua harus melakukan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) atau masih ada beberapa yang melakukan UNKP (Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil). Lalu yang terakhir yaitu perihal kegiatan pelaksanaan Ujian Nasional 2018 yang belum terperinci sumbernya.

Sahabat pembaca yang budiman, tentu saja pada postingan ini tidak akan membahas seluruh duduk perkara UN tersebut, namun hanya akan fokus pada pembahasan kegiatan pelaksanaan Ujian Nasional untuk jenjang pendidikan SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK.

Untuk melihat seluruh kegiatan kegiatan dan tanggal-tanggal penting terkait pelaksanaan UNBK tahun pelajaran 2017/2018, mulai dari simulasi 1, simulasi 2, simulasi 3 (geladi bersih), kegiatan UNBK utama, dan pengumuman hasil UN yang sudah kami rangkum dari sumber resmi dalam satu halaman. Silahkan lihat di sini:

Update kegiatan UNBK terbaru! Bagi sekolah penyelenggara UNBK tahun 2018 silahkan lihat informasi pada link di bawah ini:

Hati-Hati Dengan Informasi Jadwal Ujian Nasional di Media Sosial


Seperti yang kita ketahui, jikalau sobat aktif di media umum dan sering browsing di internet perihal informasi yang sobat butuhkan, tentu kita akan disajikan banyak sekali judul informasi terkait yang kita cari pada mesin penelusuran yang kita gunakan. Nah, akhir-akhir ini jikalau sobat browsing perihal "jadwal un 2018" maka sobat akan disuguhkan banyak sekali web/blog yang menyajikan informasi tersebut. Sebagaimana gambar screenshot di bawah ini.

Rencana penetapan kegiatan ujian nasional tahun  Ini Jadwal Ujian Nasional (UN/UNBK) Tahun 2018 Yang Sebenarnya

Namun tahukah sobat apa isi dari judul-judul yang betebaran ibarat gambar screenshot di atas? Jika sobat mengunjungi dan membaca isi artikel di blog/web tersebut, hampir tidak ada yang menyertakan sumber yang akurat. Mereka hanya menjelaskan tanggal dan tahun pelaksanaan tanpa disertai sumber yang jelas.

Bahkan ada beberapa blog yang sudah memberi informasi perihal pelaksanaan UNBK mulai dari pendataan, pengaturan server, sinkronisasi, dan simulasi tahun sebelumnya yakni 2016/2017. Padahal di judul dibentuk dengan "Jadwal UN Tahun 2017/2018" tetapi isinya "Jadwal UN Tahun 2016/2017". Yang lebih parah lagi ada yang hanya copas dari blog lain dan hanya mengganti tahunnya saja. Dan yang paling menjengkelkan yaitu jikalau kita disuguhkan dengan link yang dialihkan entah kemana demi kepentingan dan laba blognya masing-masing.

Padahal kita sebagai pembaca tentu sangat membutuhkan informasi yang kita cari. Tetapi bagaimana hasilnya jikalau kita hanya menemukan sebuah informasi yang tidak karuan dan justru malah membingungkan.

Info terkait:
Aplikasi Simulasi UNBK Offline Untuk Sekolah Menengah Pertama / Sekolah Menengan Atas / SMK

Sahabat pembaca yang bijaksana. Jangan gampang percaya dengan isu atau informasi yang belum terperinci sumbernya, alasannya yaitu hanya akan menciptakan kita semakin galau saja atau bahkan salah paham. Lalu di mana kita bisa menemukan sumber yang terperinci perihal pelaksanaan Ujian Nasional tahun 2018?


Berikut beberapa sumber pelaksanaan Ujian Nasional yang bisa saya rangkum:

1. https://un.kemdikbud.go.id/

Rencana penetapan kegiatan ujian nasional tahun  Ini Jadwal Ujian Nasional (UN/UNBK) Tahun 2018 Yang Sebenarnya

Pada tahun sebelumnya, tepatnya tahun fatwa 2016/2017 saya selalu mengakses laman https://un.kemdikbud.go.id/ untuk mendapatkan perkembangan informasi terkait Ujian Nasional di Indonesia. Namun entah kenapa hingga dikala ini (23 September 2017) laman tersebut tidak sanggup diakses, sebagaimana pada gambar di atas. Hal ini menciptakan saya berasumsi bahwa laman tersebut sedang dalam perbaikan dan memang belum ada kejelasan terkait pelaksanaan Ujian Nasional di tahun 2018 ini.

2. http://bsnp-indonesia.org/

Rencana penetapan kegiatan ujian nasional tahun  Ini Jadwal Ujian Nasional (UN/UNBK) Tahun 2018 Yang Sebenarnya

Demikian halnya dengan website Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) yang bisa di saluran melalui alamat http://bsnp-indonesia.org/ juga belum ada informasi terbaru mengenai pelaksanaan dan kegiatan UN 2018. Sampai detik ini (23 September 2017), informasi terbaru hanya perihal kisi-kisi USBN dan UN tahun pelajaran 2017/2018 dan Surat Edaran BSNP perihal Ralat Jadwal Pelaksanaan UJian Nasional Gelombang II Tahun Pelajaran 2016/2017. Untuk kegiatan Jadwal Pelaksanaan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2017/2018 belum ada, lihat gambar di atas.

Pada laman ini juga nantinya kita akan menerima mekanisme pelaksanaan ujian nasional (UN) dan ujian sekolah berstandar nasional (USBN) yang bisa eksklusif kita download. Namun pada kenyataannya BNSP belum mengeluarkan surat edaran terkait UN 2018.

3. https://ubk.kemdikbud.go.id/

Rencana penetapan kegiatan ujian nasional tahun  Ini Jadwal Ujian Nasional (UN/UNBK) Tahun 2018 Yang Sebenarnya

Selain ke dua sumber laman di atas, bagi sobat yang melakukan UNBK di sekolah masing-masing, maka sobat bisa eksklusif melihat kegiatan pelaksanaan UNBK melalui alamat https://ubk.kemdikbud.go.id/ , namun bagi sobat yang bukan proktor atau teknisi UNBK maka sobat tidak mempunyai saluran masuk ke laman tersebut untuk memperoleh informasi lebih lanjut, tetapi sobat tetap bisa melihat kegiatan pelaksanaan UNBK secara resmi dan spesifik.

Melihat gambar screenshot di atas dari laman yang saya saluran pada 23 September 2017, masih belum ada pembaruan kegiatan pelaksanaan UNBK untuk tahun 2018. Yang ada masih kegiatan UNBK tahun pelajaran sebelumnya, bukan tahun pelajaran sekarang.

Kesimpulan


Berdasarkan ke tiga sumber yang saya paparkan di atas, sudah sangat terperinci bahwa belum ada secara spesifik klarifikasi perihal kegiatan pelaksanaan Ujian Nasional Tahun 2018. Oleh alasannya yaitu itu, sekali lagi saya tekankan jangan gampang mendapatkan informasi yang tidak terperinci sumbernya jikalau sobat tidak mau bingung.

Dan bagi para penulis, agar lebih hati-hati dalam menyajikan sebuah informasi jikalau itu diperuntukan untuk umum. Sebaiknya tidak mementingkan kepentingan pribadi masing-masing dan merugikan orang lain.

Jadwal Rencana Pelaksanaan Ujian Nasional Tahun 2018


Sahabat pembaca, meskipun tidak ada kejelasan perihal kapan waktu pelaksanaan UN 2018. Namun kita masih mempunyai kalender pendidikan yang bisa kita jadikan contoh untuk seluruh kegiatan di sekolah termasuk pelaksanaan UN/UNBK, US/USBN, dan UAM (bagi sekolah dalam naungan forum ma'arif).

Dengan mengacu pada kalender pendidikan yang sudah sobat peroleh dari masing-masing dinas pendidikan setempat, maka kita bisa menjadikannya sebagai sumber resmi perihal kegiatan UN 2018. Namun yang perlu menjadi catatan yaitu bahwa seluruh kegiatan yang tercantum pada kalender pendidikan masih bersifat perencanaan, hanya rencana, yang artinya masih bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan dan kondisi yang terjadi.

Info terkait:
Kisi-Kisi UN dan USBN 2018 Lengkap dari Kemdikbud

Berikut perkiraan / rencana kegiatan pelaksanaan Ujian Nasional tahun 2018 yang mengacu pada hari efektif sekolah, hari efektif fakultatif, dan hari libur sekolah/madrasah di Provinsi Jawa Timur tahun pelajaran 2017/2018 untuk TK/RA/BA/TKLB, SD/MI/SDLB, SMP/MTs/SMPLB, SMA/MA/SMALB, Sekolah Menengah kejuruan dan sederajat:

Rencana penetapan kegiatan ujian nasional tahun  Ini Jadwal Ujian Nasional (UN/UNBK) Tahun 2018 Yang Sebenarnya
  1. UN untuk SMA/MA/sederajat dilaksanakan tanggal tanggal 02 s.d 05 April 2018
  2. UN untuk SMP/MTs/sederajat dilaksanakan tanggal tanggal 23 s.d 26 April 2018

Sekali lagi harus saya tekankan bahwa kegiatan UN 2018 di atas hanya asumsi dan planning sesuai kalender pendidikan yang ada. Makara bisa berubah dan menyesuaikan keadaan dan kebijakan ke depan oleh kementrian pendidikan dan kebudayaan.

Lain hal bagi sobat yang sudah melakukan UNBK di sekolah masing-masing. Puspendik telah mengeluarkan informasi terbaru pada tanggal 22-09-2017 15:21:15, bahwa Puspendik akan mengadakan simulasi Ujian Berbasis Komputer, dengan planning kegiatan kegiatan sebagai berikut:
  1. Pendataan Sekolah Peserta : 9 - 28 Oktober 2017
  2. Pendataan Siswa : 16 - 29 Oktober 2017
  3. Pengaturan server dan sesi : 23 - 30 Oktober 2017
  4. Penyiapan data di Pusat : 31 - 2 November 2017
  5. Sinkronisasi Sekolah Menengah kejuruan : 3 - 4 November 2017
  6. Simulasi Sekolah Menengah kejuruan : 6 - 9 November 2017
  7. Sinkronisasi SMA/MA : 10 - 11 November 2017
  8. Simulasi SMA/MA : 13 - 16 November 2017
  9. Sinkronisasi SMP/Mts : 17 - 18 November 2017
  10. Simulasi SMP/MTs : 20 - 22 November 

Penjelasan lebih lanjut akan disampaikan melalui lamam tersendiri (khusus simulasi) yang akan dibuka mulai bulan Oktober 2017.

Keterangan di atas juga sanggup sobat lihat melalui laman di bawah ini:
🔗 Jadwal Persiapan UNBK 2018 Dari Puspendik

Jika sobat sebagai proktor atau teknisi UNBK, sobat bisa login dan eksklusif melihat informasi tersebut sebagaimana pada gambar di bawah.

Rencana penetapan kegiatan ujian nasional tahun  Ini Jadwal Ujian Nasional (UN/UNBK) Tahun 2018 Yang Sebenarnya

Itulah sedikit citra perihal kegiatan pelaksanaan Ujian Nasional 2018 yang menjadi materi perbincangan yang cukup membingungkan alasannya yaitu telah beredar isu serta informasi yang tidak bertanggungjawab yang hanya mementingkan pribadinya sendiri.

Semoga dengan adanya postingan ini, bisa mencerahkan para pembaca bahwa kegiatan pelaksanaan UN 2018 belum ada keputusan dari pemerintah. Puspendik hanya gres mengeluarkan planning simulasi dan tidak menetapkan kapan pelaksanaan UN. Kalaupun sudah ada tanggal pelaksanaan UN 2018, itu hanya mengacu pada kalender pendidikan yang masih bersifat perencanaan bukan keputusan dari pemerintah.

Info lain:
Contoh Soal dan Belajar Latihan Simulasi UNBK 2018

Sekian dari saya. Mohon maaf jikalau ada salah kata ataupun hal yang tidak berkenan. Saya hanya mencoba memaparkan sesuai data dan sumber yang ada. Mari kita menjadi manusia yang bijaksana. Membaca tidak setengah-setengah hingga timbul kesalahpahaman yang tidak sepantasnya.

Oh iya, dari pada galau ngurusin kegiatan pelaksanaan UN 2018, lebih baik kita menunggu kepastian dari dinas pendidikan setempat masing-masing. Sebentar lagi niscaya ada sosialisasinya.. hehehe

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dalil Lengkap Ihwal Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw

Inilah 5 Perbuatan Tegesa-Gesa Yang Menerima Pahala

Mengapa Langit Berwarna Biru Kok Tidak Ungu?