Kiat Sukses Menghadapi Unbk 2018

Kiat Sukses Menghadapi UNBK 2018 - Ujian Nasional merupakan suatu hal yang harus dipersiapkan dengan baik oleh siswa-siswi kelas akhir, baik SMP/MTs, SMA/MA, dan Sekolah Menengah kejuruan sederajat. Apakah kau termasuk calon penerima Ujian Nasional tahun depan? Jika iya, maka tentunya kau niscaya ingin mendapat nilai UN yang baik. Nah, di sini abang akan menyebarkan beberapa tips sukses menghadapi UNBK 2018 yang sanggup kau terapkan semoga hasil ujianmu sangat memuaskan.

 Ujian Nasional merupakan suatu hal yang harus dipersiapkan dengan baik oleh siswa Kiat Sukses Menghadapi UNBK 2018

Namun sebelum itu, ada sedikit pengetahuan pelengkap untuk adik-adik di sana sebagai modal utama sukses menghadapi Ujian Nasional tahun pelajaran 2017 / 2018. Implementasi Ujian Nasional yang diselenggarakan oleh pemerintah untuk setiap satuan pendidikan tahun ini memakai dua sistem pilihan, yaitu UNKP dan UNBK. Makara jangan heran apabila di sekolah kalian teknis ujian nasionalnya berbeda dengan teman kalian di sekolah lain.

Apa itu UNKP dan UNBK?

Bagi adik-adik yang belum paham apa itu UNKP dan UNBK silahkan perhatikan klarifikasi singkat berikut.

UNBK merupakan kependekan dari Ujian Nasional Berbasis Komputer. Dalam pelaksanaannya, media yang dipakai untuk menjawab soal-soal ujian ialah komputer, tidak lagi memakai kertas. Jangan beranggapan bahwa UNBK akan mempersulit, malah justru sebaliknya. Pemanfaatan kecanggihan teknologi justru akan mempermudah adik-adik dalam menentukan jawaban, yaitu hanya dengan mengeklik balasan tanpa harus mengarsir dengan pensil.

Sedangkan UNKP merupakan kependekan dari Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil. Media yang dipakai untuk menjawab soal ujian ialah kertas dan pensil. Bagi sekolah yang belum mempunyai SDM dan persyaratan teknis UNBK yang cukup, maka diperbolehkan melakukan UNKP.

Baca juga:

Dari segi teknis dan sistem keduanya memang mempunyai perbedaan cukup signifikan, namun secara umum keduanya mempunyai persamaan yaitu sebagai penilaian hasil kemampuan berguru penerima didik ditingkat nasional. Hasil UN selanjutnya akan dipakai sebagai patokan seleksi masuk pendidikan berikutnya.

Hal Penting Terkait Teknis UNBK


Nah, di sekolahmu, manakah teknis ujian nasional yang akan kau hadapi nanti? Jika UNBK, maka ada beberapa hal penting yang perlu kau perhatikan, yakni cara mengerjakan soal-soal UNBK, teknis pelaksanaan, dan tata tertib UNBK yang ada. Dengan memahami hal penting tersebut maka dipastikan kau bisa memaksimalkan hasilnya. Lebih lengkapnya silahkan perhatikan uraian di bawah ini.

1. Cara mengerjakan soal UNBK


Sebenarnya cara mengerjakan soal pada aplikasi CBT tidak sesulit yang kau bayangkan. Untuk menentukan balasan yang kau anggap paling benar tinggal mengeklik balasan tersebut saja. Namun yang dilarang kau lupakan sebelum selesai mengerjakan soal ialah pastikan semua nomor soal sudah berwarna hitam. Dan berikut klarifikasi terkait warna yang ada pada nomor soal UNBK:
  • Nomor berwarna putih = soal belum dijawab.
  • Nomor berwarna biru = soal sedang dikerjakan
  • Nomor berwarna kuning = soal balasan ragu-ragu
  • Nomor berwarna hitam = soal sudah terjawab

2. Teknis pelaksanaan


Karena memanfaatkan teknologi maka teknis ujian semakin canggih. Termasuk sebelum masuk di aplikasi CBT dan mulai mengerjakan ada username, password, dan token yang harus kau masukan dengan benar. Kemudian ada juga waktu ujian yang akan berjalan dan berhenti secara otomatis, jadi kalau waktu telah habis maka aplikasi akan menutup secara otomatis. Maka dari itu selalu pantau waktu dan jangan sia-siakan siswa waktu yang terus berjalan.

3. Tata Tertib


Tata tertib ujian merupakan hukum yang benar-benar harus kalian perhatikan. Peraturan dan tata tertib UNBK akan dibacakan dan dijelaskan oleh panitia ujian sebelum di hari pertama. Perhatikan secara seksama ketika tata tertib di bacakan, jangan sesekali melanggar hukum dan tata tertib ujian kalau kau ingin sukses menghadapi UNBK.

Itulah tiga hal penting terkait teknis UNBK yang benar-benar harus kau perhatikan. Apabila kau ingin tahu menyerupai apa citra dan tumpuan soal UNBK maka silahkan baca penjelasannya di bawah ini:

Baca disini:

Tips Sukses Menghadapi UNBK 2018


Nah, kini saatnya abang menawarkan jurus (tips) sukses ujian nasional, cobalah adik-adik terapkan baik yang akan menghadapi UNBK ataupun UNKP, semoga dengan adanya jurus ini kalian bisa menghadapi ujian dengan hening dan tentunya lebih siap. Berikut tips-tips tersebut:

  1. Siapkan mental dan fisik sebaik mungkin! Hindari hal-hal yang bisa menciptakan mental kacau menyerupai mikir pacaran dan lain sebagainya. Juga hindari hal yang bisa menurunkan kondisi fisik menyerupai begadang tiap malam atau kegiatan yang kurang bermanfaat lainnya.
  2. Pelajari dan pahami materi yang ada di kisi-kisi UN dan perbanyaklah latihan mengerjakan soal-soal UN. Ini merupakan materi pendukung persiapan menghadapi UN, semuanya bisa kau download di bawah.
  3. Percayalah para kemampuan sendiri! jangan mencari bocoran soal yang mustahil ada apalagi menyontek pekerjaan teman yang belum tentu jawabannya benar.
  4. Aktif mengikuti bimbingan berguru dan bentuklah kelompok berguru sendiri sebagai ruang bertukar pikiran sesama teman wacana materi pembahasan UN.
  5. Berdoalah kepada Tuhan Yang Maha Esa supaya diberi akomodasi dan kelancaran sebelum, saat, dan setelah ujian. Buatlah hati setenang mungkin dengan mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.
  6. Jangan lupa mohon doa restu kedua orang renta terutama ibu semoga mendapat berkah dan ridlo dari-Nya.
  7. Perhatikan jadwal ujian dan berangkatlah lebih pagi supaya tidak tergesa-gesa dan tidak terlambat hingga daerah ujian. Berangkat lebih pagi tentu akan menciptakan pikiran semakin hening dan lebih siap menghadapi ujian.

Berikut materi pendukung yang harus kau pelajari sebagai persiapan menghadapi ujian nasional:

Demikian Kiat Sukses Menghadapi UNBK 2018 yang bisa abang bagikan. Tidak lain impian abang ialah semoga adik-adik lulus ujian dengan hasil yang membanggakan sehingga menjadi pujian keluarga dan bangsa. Sekian dari kakak, semoga bermanfaat. Amin....

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dalil Lengkap Ihwal Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw

Inilah 5 Perbuatan Tegesa-Gesa Yang Menerima Pahala

Mengapa Langit Berwarna Biru Kok Tidak Ungu?